Perencanaan Strategik Program Studi Agroteknologi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Yashafa Kabupaten Aceh Singkil
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami tentang Perencanaan Strategik Program Studi Agroteknologi dalam Meningkatkan Mutu pendidikan di kampus STIP Yashafa Kabupaten Aceh Singkil, disamping itu untuk mengetahui peningkatan mutu pendidikan di kampuis STIP Yashafa. Pendekatan atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Naturalistik dan tekhnik Triangulasi, Pengambilan data dengan menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 3 bulan mulai dari bulan Mei 2020 sampai dengan bulan Agustus 2020, Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Ketua Yayasan kampus, Dosen, Ketua Prodi Staf Dan Mahasiswa. Sementara yang menjadi objek penelitian adalah kegiatan Perancanaan Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses Perencanaan Strategik di Program Studi Agroteknologi sudah tergolong bagus tapi pelaksanaannya yang belum efektif sehingga pencapaian Akreditasi Program Studi masih dibawah Standar atau mendapat Akreditasi C, ini menunjukkan bahwa program Studi Agroteknologi masih jauh ketinggalan dibandingkan dengan Program Studi Agribisnis yang sudah mendapatkan Akreditasi B.dan Perlunya perencanaan yang lebih matang lagi sehingga kedepannya Program Studi Agroteknologi bisa mendapatkan Akreditasi yang memuaskan minimal mendapatkan Akreditasi B, serta membangun sarana dan prasarana yang lebih memadai seperti gedung Laboratorium sehingga memudahkan mahasiswa untuk praktek. Implementasi mutu pendidikan di kampus STIP Yashafa sudah tergolong bagus dibuktikan dengan Qualiatas lulusan yang sudah banyak berkiprah atau yang bekerja sebagai ASN(Aparatur Sipil Negara), dan telah banyak Alumni yang bekerja di bidang pertanian ke kancah daerah, Nasional bahkan ada yang bekerja di perusahaan Internasional.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad Tamzeh, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras, 2009
Aedi, Nur, 2016, Dasar-dasar Manajemen Pendidikan, Gosyen Publishing, Yogyakarta.
Al-Quran dan Terjemahnya, 1990, Madinatul Munawarah: Mujamma al-Malik Fahd Li Thibat al-Mushhaf as-Syarif Bekerjasana dengan Departeman Agama RI
Bafadal, Ibrahim, 2013, Panduan Replikasi Manajamen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar, BukuIII, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan Direktorat Jenderal Pendidikan DasarDirektorat Pembinaan Sekolah Dasar, Jakarta.
Bambang Sumardjoko, Membangun Budaya Bermutu Perguruan Tinggi, Surakarta: Pustaka Media; 2010
Buchori Alma, Manajemen Corporate Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Tinggi
Bandung: Alfabeta, 2008
Creswell, John W, 2012,Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, terj, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Dakir, 2010. Perencanaan dan pengembangan kurikulum. Jakarta:Rineka cipta
___________, 2012, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Konteks Penerapan MBS. Bandung: PT. Rosda Karya
Daulat P. Tampubolon, Pergruan Tinggi BermutuParadigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21, Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama, 2001
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia,
Jakarta: Balai Pustaka;1997
Direktorat jenderal pendidikan tinggi Departemen pendidikan nasional, Panduan pelaksanaan Sistem penjaminan mutu Perguruan tinggi (SPM-PT)
Bidang akademik, Jakarta: 2006
Dudung Abdurrahman, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Kurnia
kalam pustaka, 2003Edward salis, Total Quality Management in Education, Yogyakarta: IRCSiD, 2011
E. Mulyasa, 2019. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah . Jakarta: Bumi Aksara
Engkoswara dan Komariah, Aan, 2012, Administrasi Pendidikan, Cet. Ke-III, Alfabeta, Bandung.
Fattah, Nanang, 2012. Standar Pembiayaan Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Hasbullah, 2010, Otonomi Pendidikan Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan, Rajawali Pers, Jakarta.
https://www.jawapos.com/pendidikan/20/12/2017/mendikbud-2018-perluas-kses-tingkatkan-mutu-pendidikan
Moleong, Lexy J, 2012,Metode Penelitian Kualitatif, PT Reamaja Rosdakarya, Bandung.
Made Pirdata, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Bina Aksara, 1998 Nanang Fatah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2004
Nanang Fatah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2004
Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah, Pedoman Pendidikan al-Islam Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2013
Rinda Hedwig, Model Sistem Penjaminan Mutu Proses Penerapan di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Garaha Ilmu, 2006
.., Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan TinggiMonitoring dan Evaluasi Internal, Yogyakarta: Garaha Ilmu, 2007
Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, (Yogyakarta: Aditya Media, 2008
Syaiful Sagala Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat strategi memenangkan persaingan mutu, Jakarta: Nimas Multima; 2004
Syahrizal Abbas, Manajemen Perguruan Tinggi, Jakarta: Prenada Media Group, 2009 Serian Wijatno, Pengelolaan Perguruan Tinggi Secara Efisien, Efektif dan Ekonomis untuk Meningkatkan Mutu Penyelenggara Pendidikan dan Mutu Lulusan, Jakarta: Selemba Empat, 2009
Sugiono, Metode Peneltian Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2014
Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009
Sulistiowati Irianto, Otonomi Perguruan Tinggi Suatu Keniscayaan, Jakrta: Yasyasan Pustaka Obor Indonesia Anggota IKAPI, 20012
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v7i1.6660
Refbacks
- There are currently no refbacks.