Perencanaan Strategik Program Studi Agroteknologi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Yashafa Kabupaten Aceh Singkil

Nurhasanah Munthe, Amini Amini, Elfrianto Elfrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami tentang Perencanaan Strategik Program Studi Agroteknologi dalam Meningkatkan Mutu pendidikan di kampus STIP Yashafa Kabupaten Aceh Singkil, disamping itu untuk mengetahui peningkatan mutu pendidikan di kampuis STIP Yashafa. Pendekatan atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Naturalistik dan tekhnik Triangulasi, Pengambilan data dengan menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 3 bulan mulai dari bulan Mei 2020 sampai dengan bulan Agustus 2020, Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Ketua Yayasan kampus, Dosen, Ketua Prodi Staf Dan Mahasiswa. Sementara yang menjadi objek penelitian adalah kegiatan Perancanaan Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses Perencanaan Strategik di Program Studi Agroteknologi sudah tergolong bagus tapi pelaksanaannya yang belum efektif sehingga pencapaian Akreditasi Program Studi masih dibawah Standar atau mendapat Akreditasi C, ini menunjukkan bahwa program Studi Agroteknologi masih jauh ketinggalan dibandingkan dengan Program Studi Agribisnis yang sudah mendapatkan Akreditasi B.dan Perlunya perencanaan yang lebih matang lagi sehingga kedepannya Program Studi Agroteknologi bisa mendapatkan Akreditasi yang memuaskan minimal mendapatkan Akreditasi B, serta membangun sarana dan prasarana yang lebih memadai seperti gedung Laboratorium sehingga memudahkan mahasiswa untuk praktek. Implementasi mutu pendidikan di kampus STIP Yashafa sudah tergolong bagus dibuktikan dengan Qualiatas lulusan yang sudah banyak berkiprah atau yang bekerja sebagai ASN(Aparatur Sipil Negara), dan telah banyak Alumni yang bekerja di bidang pertanian ke kancah daerah, Nasional bahkan ada yang bekerja di perusahaan Internasional.


Keywords


Strategic Planning, Quality of Education

References


Ahmad Tamzeh, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras, 2009

Aedi, Nur, 2016, Dasar-dasar Manajemen Pendidikan, Gosyen Publishing, Yogyakarta.

Al-Quran dan Terjemahnya, 1990, Madinatul Munawarah: Mujamma al-Malik Fahd Li Thibat al-Mushhaf as-Syarif Bekerjasana dengan Departeman Agama RI

Bafadal, Ibrahim, 2013, Panduan Replikasi Manajamen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar, BukuIII, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan Direktorat Jenderal Pendidikan DasarDirektorat Pembinaan Sekolah Dasar, Jakarta.

Bambang Sumardjoko, Membangun Budaya Bermutu Perguruan Tinggi, Surakarta: Pustaka Media; 2010

Buchori Alma, Manajemen Corporate Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Tinggi

Bandung: Alfabeta, 2008

Creswell, John W, 2012,Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, terj, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Dakir, 2010. Perencanaan dan pengembangan kurikulum. Jakarta:Rineka cipta

___________, 2012, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Konteks Penerapan MBS. Bandung: PT. Rosda Karya

Daulat P. Tampubolon, Pergruan Tinggi BermutuParadigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21, Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama, 2001

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia,

Jakarta: Balai Pustaka;1997

Direktorat jenderal pendidikan tinggi Departemen pendidikan nasional, Panduan pelaksanaan Sistem penjaminan mutu Perguruan tinggi (SPM-PT)

Bidang akademik, Jakarta: 2006

Dudung Abdurrahman, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Kurnia

kalam pustaka, 2003Edward salis, Total Quality Management in Education, Yogyakarta: IRCSiD, 2011

E. Mulyasa, 2019. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah . Jakarta: Bumi Aksara

Engkoswara dan Komariah, Aan, 2012, Administrasi Pendidikan, Cet. Ke-III, Alfabeta, Bandung.

Fattah, Nanang, 2012. Standar Pembiayaan Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Hasbullah, 2010, Otonomi Pendidikan Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan, Rajawali Pers, Jakarta.

https://www.jawapos.com/pendidikan/20/12/2017/mendikbud-2018-perluas-kses-tingkatkan-mutu-pendidikan

Moleong, Lexy J, 2012,Metode Penelitian Kualitatif, PT Reamaja Rosdakarya, Bandung.

Made Pirdata, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Bina Aksara, 1998 Nanang Fatah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2004

Nanang Fatah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2004

Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah, Pedoman Pendidikan al-Islam Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2013

Rinda Hedwig, Model Sistem Penjaminan Mutu Proses Penerapan di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Garaha Ilmu, 2006

.., Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan TinggiMonitoring dan Evaluasi Internal, Yogyakarta: Garaha Ilmu, 2007

Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, (Yogyakarta: Aditya Media, 2008

Syaiful Sagala Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat strategi memenangkan persaingan mutu, Jakarta: Nimas Multima; 2004

Syahrizal Abbas, Manajemen Perguruan Tinggi, Jakarta: Prenada Media Group, 2009 Serian Wijatno, Pengelolaan Perguruan Tinggi Secara Efisien, Efektif dan Ekonomis untuk Meningkatkan Mutu Penyelenggara Pendidikan dan Mutu Lulusan, Jakarta: Selemba Empat, 2009

Sugiono, Metode Peneltian Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2014

Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009

Sulistiowati Irianto, Otonomi Perguruan Tinggi Suatu Keniscayaan, Jakrta: Yasyasan Pustaka Obor Indonesia Anggota IKAPI, 20012




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v7i1.6660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.