Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Zainal Aziz, Indra Prasetia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model creative problem solving efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertempat di SMP Al- Hidayah Medan. Subjek Penelitian ini adalah siswa SMP Al-Hidayah Medan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keberhasilan penerapan model creative problem solving tercapai setelah diterapkannya tiga siklus. Penyebab kurangnya cara berpikir siswa pada tahap awal sebelum diterapkannya model creative problem solving adalah siswa kurang aktif dan kurang termotivasi dalam proses pembelajaran sehingga hanya ada beberapa orang yang mengerjakan soal yang diberikan guru. Hasil tindakan pada siklus pertama diperoleh hasil kemampuan berpikir kreatif siswa secara umum mencapai rata rata 57,91% dengan kategori cukup. Pada siklus kedua, kemampuan siswa meningkat mencapai rata-rata 67,66% dan pada siklus ketiga telah menunjukkan hasil peningkatan yang memuaskan dengan rata-rata 81,41% dengan kategori baik

Keywords


kemampuan berpikir kreatif, creative problem solving

References


Arikunto, Suharsimi.2012. Dasar dasar Evalusasi Pendidikan. Jakarta : Sinar Grafika Offset

Daryanto, 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Dimayati, Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, PT. RINEKA PUTRI

Dwijo dan Mujiyem, 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Penentuan Penyelesaian Sistem Persamaan Lingkaran, Yogyakara (diakses pada tanggal 6 April 2014)

Ginting, Eka Dismia (2013), Perbedaan Kreativitas Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran ICT dan Model Pembelajaran PBL pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Medan TA. 2019 / 2020.

Hamza, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : Yons Computer Center

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : Refika Aditama.

Prasetia, I. Desain Perencanaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. The Progressive and Fun Education Seminar. Muhammadiyah University Press. 2016

Prasetia, I. Analysis of the Effectiveness of Schools (a Study At State Junior High Schools In Medan, Indonesia). Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS) 21 (8), 49-56

Prasetia, I, Akrim, Sulasmi, E. Effective Competence Based School Model. Jurnal Tarbiyah, 27(1) 2020, 12-32

Siregar, Riani Asma Nur (2011), Penerapan Pendekatan Berbasis ICT Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pokok Bahasa Himpunan di Sekolah SMP Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2019 / 2020.

Rosalin, Elin. 2008. Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung : Karsa Mandiri Persada.

Rusman.2012. Model Model Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sukardi, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Sudjiono, Anas, (2009), Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers

Sudjana, Nana (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Tampomas. 2005. Matematika Untuk Kelas VIII. Jakarta, Yudistira

Wiriatmaadja, Rochiati (2008), Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung. PT. Remaja Roadakarya.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v7i1.6661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.