Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Cabri 3D Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemic Covid


Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran Penemuan berbasis masalah berbantuan Cabri 3D lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar mahasiswa yang tidak memperoleh model pembelajaran berbasis masalah tanpa Cabri 3D yang dilakukan dengan pembelajaran daring selama pandemic covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas prodi pendidikan matematika semester lima yang berjumlah kurang lebih 82 orang, Kemudian dipilih 2 kelas secara acak. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Software Cabri 3D dan kelas control hanya diberi model pembelajaran berbasis masalah tanpa bantuan software Cabri 3D. Instrumen yang digunakan adalah tes. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan software Cabri 3D lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar pada mahasiswa yang tidak diberi perlakuan Cabri 3D (kelas kontrol).

Keywords


Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Cabri 3D, Hasil belajar

References


Ananggih, Gutomo Wibi, Ipung Yuwono, and I. Made Sulandra. 2019. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika. Jurnal Pendidikan 1(1):1823.

Batubara, Ismail Hanif. 2017a. 219-568-1-SM (1). MES: Journal of Mathematics Education and Science 3(1):4754. doi: https://doi.org/10.30743/mes.v3i1.219.

Batubara, Ismail Hanif. 2017b. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dan Geogebra Di SMA Free Methodist Medan. Kumpulan Jurnal Dosen UMSU: Wahana Inovasi 6(1):97104.

Batubara, Ismail Hanif. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science 4(1):5158. doi: 10.30743/mes.v4i1.869.

Batubara, Ismail Hanif. 2019a. Improving Students Critical Thinking Ability Through Guided Discovery Learning Methods Assisted by Geogebra. International Journal for Educational and Vocational Studies 1(2):11619. doi: 10.29103/ijevs.v1i2.1371.

Batubara, Ismail Hanif. 2019b. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science 4(2):15259. doi: 10.30743/mes.v4i2.1291.

Batubara, Ismail Hanif, and Putri Maisarah Ammy. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan 1(2):4353. doi: 10.30596/bibliocouns.v1i2.2077.

Batubara, Ismail Hanif, Ismail Saleh Nasution, and Nur Afifah. 2020. Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Cabri 3D Pendahuluan. PROKMAS: Jurnal Hasil Pengabidian Kepada Masyarakat 4(2):16.

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum Dan Pembelajaran. in Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Santika, I. W. D., N. N. Parwati, and ... 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah . Pembelajaran X:10517.

Soekisno, R. Bambang Aryan. 2015. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematis Mahasiswa. Infinity Journal 4(2):120. doi: 10.22460/infinity.v4i2.77.

Surya, Edy, Edi Syahpurta, and Nova Juniati. 2018. Effect of Problem Based Learning toward Mathematical Communication Ability and Self-Regulated Learning. Journal of Education and Practice 9(6):1423.

Trisnawati, Trisnawati, Rani Pratiwi, and Winia Waziana. 2018. The Effect of Realistic Mathematics Education on Students Mathematical Communication Ability. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML) 1(1):31. doi: 10.29103/mjml.v1i1.741.

Wahyuni, S. R. I. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Strategi Student Led Review Session Dengan Metode Konvensional. Kumpulan Jurnal Dosen UMSU: Wahana Inovasi 6(1).




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v7i1.6662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.