Evaluasi Proses Pembelajaran Dengan Learning Manajemen System (LMS) Polbangtan Malang

Hana Nur Eritrina

Abstract


Meluasnya penggunaan internet pada dunia pendidikan telah mengubah cara pembelajaran dari pembelajaran tradisional menjadi pembelajaran berbasis internet. Pandemi Covid 19 menjadi pemicu penggunaan Learning Manajemen System(LMS) pada proses pembelajaran. Polbangtan Malang telah menggunakan LMS dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan LMS Polbangtan Malang. Metode yang dipilih adalah metode survei untuk mengetahui penggunaan LMS oleh mahasiswa. Pengambilan sampel yang dipilih adalah conveniencesampling yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah Ekonomi Agribisnis. Metode observasi dan pengumpulan data dilakukan untuk melengkapi hasil survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa terbantu dengan adanya LMS. Dosen mampu menggunakan fitur dasar pada LMS Polbangtan Malang. Dosen mampu membuat kelas virtual, mampu mengupload materi, membuat tugas/assignment,mengelompokkan kriteria tugas mahasiswa. Namun dosen belum memaksimalkan fitur lain seperti penilaian tugas, rekap penilaian di akhir pembelajaran, pemberian reward, dan koneksi LMS dengan akun jejaring sosial.Namun demikian keaktifan dosen dan mahasiswa masih kurang. Hal ini dilihat dari kurangnya diskusi dan updates yang ada di LMS dan kurangnya tanggapan ketika ada updates postingan.Mahasiswa sudah dapat melakukan diskusi namun keinginan untuk menanggapi diskusi masih kurang.


Keywords


pembelajaran, Learning Management System,

Full Text:

PDF

References


Bersin, J. (2004). The blended learning book:best practices, proven meth- odologies, and lessons learned. USA: Pfeiffer

Choudhury, Hites. dan Guruprasad Khataniar. (2016). Features Based Comparison and Evaluation of E- Learning Platform in Academic Environment learning Platform in Academic Environment. Interna- tional Journal of Digital Applica- tion & Contemporary Research. Vol. 4, nr 06.

Ellis, Ryann K. (2009). Field Guide to Learning Management Systems, ASTD Learning Circuits.

Ernida, Dian. 2016. Pengembangan E- Learning Dengan Schoology Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Pada Materi Kinematika Gerak. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Herdiansyah, H. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Indrayasa, Kadek Bayu, dkk. Pengembangan E-Learning Dengan Schoology Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas X Semester I Tahun Pelaja- ran 2014/2015 Di Sma N 4 Singaraja

Maryani, Yeni. Aplikasi E-Learning Sebagai Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Pontianak. Vokasi. Vol- ume 9, Nomor 1, Februari 2013,

-39.

Riyadi. (2010). Learning Management System (LMS). http:// riyadi2405. wordpress.com/ 2010/04/25/lms- learning-management-system/ . Diakses tanggal 10 Mei 2017.

Riyana, Cepi. (2009). Teknologi Infor- masi dan Komunikasi dalam Pendidikan. http://klubgurusmi.files.wordpress.com/2009/04/makalah-ict-cepi.pdf. Diakses tanggal 9 Mei 2017.

Sugiarto, Devi Mulyani Putri dan Setya Chendra Wibawa. Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X TKJ. Jurnal IT- EDU, Volume 02 Nomor 01 Tahun

, 136-140.

Suryono, Tito. (2011). Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle Pada Matakuliah Teknik Propulsi Tahun Akademik 2010/2011 Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Tambunan, Lamria, dkk. Efectiveness Of Problem Based Learning Models By Using E- Learning And Learn- ing Motivation Toward Students Learning Outcomes On Subject Circullation Systems. Indonesian Journal of Science and Education. Volume 2, Nomor 1, April 2018, pp: 96 ~ 104

Vo, Hien M, et all. The effect ofblended learning on student performance at courselevel in higher education: A metaanalysis. Studies in Educational Evaluation. Volume 53, June 2017, Pages 17-28.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v7i2.6799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.