Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Tua Halomoan Harahap, Rahmat Mushlihuddin, Nur Afifah

Abstract


Penelitian ini menggunakan Prosedur penelitian dan pengembangan yang di modifikasi dari ADDIE yang memiliki lima fase yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.Namun,karena penelitian ini hanya menilai kelayakan produk maka hanya dikembangkan sampai tahap 3, yaitu tahap Analysis, Design, dan Development).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui suatu kelayakan produk berupa Bahan Ajar dan RPP yang telah dikembangkan. pada pengembangan Bahan Ajar maupun RPP peneliti melakukan penilaian oleh 3 validasi yang terdiri dari Dosen Ahli. Penilaian bahan ajar dari ketiga validasi tersebut memperoleh nilai awal yang memiliki nilai rata-rata 72,04% dengan kriteria Layak akan tetapi masih perlu dilakukan revisi dari saran setiap validasi, Kemudian Validasi terhadap RPP dari ketiga validasi memperoleh nilai rata-rata 75,26% dengan kriteria Layak dan peneliti juga harus malakukan revisi dari setiap saran yang diberikan oleh validasi. Setelah melakukan revisi terhadap bahan ajar dari ketiga validasi memperoleh nilai rata-rata sebesar 82.74% dengan kriteria Sangat Layak,Kemudian nilai RPP dariketiga validasi memperoleh nilai rata-rata 88,08%dengan kriteriaSangat Layak.Setelah melakukan validasi produk selajutnya melakukan Uji Coba yang memperoleh nilai rata-rata 92,3% dengan kreteria Sangat Menarik.Sehingga pengembangan bahan ajarberbasis masalah terhadap kemampuan bepikir kreatif matematis siswapada pokok bahasan bentuk aljabar sangat layak untuk digunakan sebagai alat bantu dalam dalam proses pembalajaran.


Keywords


ADDIE kemampuan berpikir kreatif matematis dan Bahan Ajar

Full Text:

PDF

References


Amidi, Dan Zahid M.Z (2017). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning.

Amri, S. (2013). Pengembangan Dan Model Pemebelajaran Dalam Kurikulum 2013.Jakarta: PT. Presrasi Pustaka Raya.

Arlitasari, dkk. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bebasis Salingtemas Dengan Tema Biomassa Sumber Energi Alternatif Terbarukan. Jurnal Pendidikan Fisika. 1, (1) , 81-88.

Ernawati, L dan Sukardiyono,T (2017). Uji Kelayakan pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Elektroni. 2, (2), 204-210.

Hamdunah, dkk. (2017).Pengembangan Modul Berbasis Realistik Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa Kelas VIII Smp.Jurnal Pelangi. 9 (2) , 135-143.

Khayati,dkk. (2016). Pengembangan Modul Matematika Untuk Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Pokok Persamaan Garis Lurus Kelas VIII Smp. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika.

, (7), 608-621.

Lestari, K.E. Dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Refika Aditama.

Mariyam, ,Dkk (2018).Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Melalui Model Problem Based Learningberbantuan Modul. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 3, (2), 66 73.

Nasution, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan. 1, (1), 47-63.

PPG FKIP UNS (2018) Instrumen Penilain Pendidikan Profesi Guru.

Prastowo, A. (2014). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK Tinjauan Teoritis Dan Praktik. Jakarta : Kencava.

Purnomo, D. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Berpikir. Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Semarang.

Rahmawati, F.D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika

Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Matematika .6 , (6 ), 69-75.

Rusman, Dr. (2017). Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru(Edisi Kedua).Jakarta:PT Rajakrafindo Persada.

Soviana , dkk.(2017). Pengembangan Modul Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Lensa. 5, (2), 43-48.

Syahrir Dan Susilawati. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa Smp. Jurnal Mandala Education . 1, (2), 162-171.

Warmi, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research Of Mathematics) . 2, (2), 88-95.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v7i2.7063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.