Strategi Pembelajaran Aktif dan Peran Warga Sekolah dalam Membangun Sekolah Berkualitas

Johan Dwi Saputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teori-teori tentang peran sekolah dalam membangun pendidikan berkualitas. Tentunya membangun sekolah dengan pelaksanaan pembelajaran berkualitas bukan hanya tugas pendidik, namun juga terkait peran kepemimpinan kepala sekolah juga seluruh tenaga pendidik untuk Bersama-sama menciptakan visi sekolah yang baik. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah Literature Review melalui kajian-kajian teori terkait topik bahasan utama, serta studi dokumentasi yang diperoleh melalui data E-book, Thesis, dan E-Journal untuk memperoleh data yang terpercaya tentang strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson dalam meningkatkan keaktifan belajar mengajar di sekolah dan peran Kepala Sekolah, pendidik, dan Peserta didik dalam menciptakan system Pendidikan yang berkualitas. bahwa dalam proses belajar mengajar di kelas tentunya seorang pendidik akan dapat dinilai bagaimana profesionalitasnya dalam mengajar. Melalui kajian buku William Glasser dan Edwards Deming tentunya dimulai dari peran dan tanggungjawab kepala sekolah tentunya penting untuk memiliki sikap positif dalam mengambil Tindakan. Sikap positif pemimpin atau kepala sekolah dapat ditunjukkan dengan upaya-upaya untuk memajukan kualitas sekolahnya dari berbagai hal mulai dari pengembangan kurikulum belajar, fasilitas sekolah, dan bahkan sumber daya manusianya mulai dari pendidik tenaga pendidik dan para peserta didik. Pelaksanaan kegiatan-kegiatan tentang profesionalitas pendidik tentunya dapat dilakukan agar keinginan kepala sekolah dan peningkatan profesionalitas pendidik saling bersinergi dalam membangun iklim sekolah yang lebih baik.


Keywords


Peer Lessons, Warga Sekolah, Sekolah Berkualitas

Full Text:

PDF

References


Deming, W. E. (2018). The new economics for industry, government, education. MIT press.

Dwijayanti, E., & Pathoni, H. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor Kelas X¬ A Di Sman 8 Kota Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).

Glasser, W. (2010). The quality school-Managing Students Without Coercion. Revised Edition: HarperCollins e-books.

Hartono, S., & Achmad, H. (2021). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 15 Samarinda. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).

Hasan, H., Kahar, A., Hermansyah, S., & Usman, U. (2021). The Improving Speaking Skills through Active Learning Strategy. MAJESTY JOURNAL, 3(1), 15-21.

Isaleha, I., Nurasiah, N., & Iswanto, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Srategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson terhadap Keaktifan Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Aceh Barat Daya. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(2).

Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.

Munthe, Z. H. B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Ngubaidillah, A., & Kartadie, R. (2018). Pengaruh media visual menggunakan

aplikasi lectora inspire terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2). Retrieved from

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/15060

Ramdani, Z. (2018). Kolaborasi antara kepala sekolah, guru dan siswa dalam menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas. In National Conference on Educational Assessment and Plolicy.

Relita, D. T., Marganingsih, A., & Ningsih, U. I. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(2), 1-12.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovations (5th ed.). New York: Free Press.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Suissa, J. (2006). Anarchism and education: A philosophical perspective. Routledge.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.

Tavaloki, M., & Baniasad-Azab, S. (2017). Teachers’ conceptions of effective teaching and their teaching practices: a mixed-method approach. Teachers and Teaching: Theory and Practice. 23(6), 674-688).

Timor, H., Saud, U. S., & Suhardan, D. (2018). Mutu Sekolah; Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 21-30.

Triyanto. (2007). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publhiser.

World Population Review. (2021). Education Rankings by Country 2021. Walnut, CA 91789, United States.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v8i1.9118

Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats