Revitalisasi Civic Disposition Melalui Mata Kuliah Kewarganegaraan

Hotma Siregar, Sri Nurabdiah Pratiwi

Abstract


Tujuan khusus penelitian ini untuk menganalisis apakah mata kuliah Kewarganegaraan dengan materi-materi yang ada didalamnya dapat dijadikan alat revitalisasi karakter kewarganegaraan (civic disposition). Keutamaan penelitian ini adalah untuk mengembangkan  materi-materi yang menjadi substansi kajian dalam mata kuliah kewarganegaraan ditingkat perguruan tinggi Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana tehknik pengumpulan data yang digunakan studi literatur. Tekhnik analisis datanya dilakukan dengan cara membaca buku-buku yang dijadikan referensi dan selanjutnya dilakukan analisis. untuk memudahkan memilih materi yang cocok dengan pokok bahasan  Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah Kewarganegaraan dapat menjadikan karakter kewarganegaraan menjadi penting melalui pokok-pokok bahasannya. Kesimpulannya menunjukkan bahwa pokok bahasan filsafat Pancasila memberi pengetahuan kepada mahasiswa agar menjadi manusia yang mempunyai tanggung jawab moral. Pokok bahasan identitas nasional bertujuan agar mahasiswa memiliki kesopanan dalam bertingkah laku ditengah-tengah masyarakat. Pokok bahasan politik dan negara bertujuan menjadikan setiap mahasiswa  memiliki sikap disiplin agar dapat mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah yang telah disusun. Pokok bahasan hak dan kewajiban warga Negara bertujuan agar mahasiswa dapat mengindahkan aturan-aturan yang ada. Materi dari pokok bahasan demokrasi bertujuan memberi pengetahuan kepada mahasiswa agar menjadi individu yang mampu mendengar pendapat orang lain dengan cara negosiasi dan kompromi. Sebagai calon pemimpin, maka mahasiswa juga harus mampu berpikir kritis dan memiliki kepedulian kepada sesamanya. Kedua sikap tersebut akan didapat setelah mempelajari pokok bahasan geopolitik dan geostrategi.

Keywords


Revitalisasi,Karakter Kewarganegaraan,Mata Kuliah Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Budimansyah,Dasim. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaran untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung. Widya Aksara Press.

Ghufron, A. (2010). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3), 13–24. https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.230

Gustilianto. (2017). Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Membangun Warga Negara yang Baik. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, November, 387–392.

Huberman, A. M., & Miles, M. B. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

M.S.Kaelan&Achmad Zubaidi. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Paradigma.

Moleong, L. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Muchtarom, M. (2012). Strategi penguatan nilai-nilai Pancasila melalui inovasi pembelajaran PKN berorientasi civic knowledge, civic disposition, dan civic skill di Perguruan Tinggi. PKN Progresif, 7(2), 114–130.

Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Civics, 14(2).

Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389

Siregar, H. (2020). JUPIIS : Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmuSosial Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Citizenship Education Learning Using Inquiry Methods to. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-IlmuSosial Available, 12(1), 212–219.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v8i1.9410

Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats