Efektifitas Program Pendidikan Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter siswa (Studi di SMA Swasta Advent Pematangsiantar)

Ramot Margomgom Pardede, Salim Aktar

Abstract


Hampir semua guru dan orangtua setuju bahwa pendidikan karakter merupakan bagian penting dalam sebuah proses pendidikan. Tuntutan Akuntabilitas public terhadap kinerja lembaga pendidikan,tantangan standar peningkatan mutu pendidikan,dan sedikitnya tenaga,waktu dan sarana yang dimiliki oleh lembaga pendidikan,guru,menantang setiap lembaga pendidikan,guru untuk mendesain pendidikan karakter di sekolah tanpa melalaikan tujuan penting yang ingin diraih dalam setiap pendidikan,yaitu keunggulan akademis disetiap jenjang pendidikan. Pola kehidupan telah banyak berubah terutama dikota-kota besar. Sebagian besar masyarakat tidak lagi tinggal dalam suasana yang homogen,tetapi dalam kehidupan yang masyarakatnya heterogen,majemuk dan plural. Hal ini berimbas pada perilaku masyarakat yang berbeda karena berada dalam pengaruh nilai-nilai yang berbeda pula.Seiring dengan perkembangan zaman ditambah lagi dengan arus Informasi yang begitu cepat didapat baik melalui media dan perkembangan Teknologi, sehingga menuntut suatu konsep dan sistem pendidikan yang mampu mengantisipasi dampak negative perkembangan zaman dan pergaulan. Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan sistem Boarding School dalam pembentukan kaakter siswa di SMA Advent Pematangsiantar. Untuk mengetahui bagaimana system Boarding School dilaksanakan di SMA Swasta Advent Pematangsiantar. Pendidikan karakter merupakan usaha bersama komunitas sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi pertumbuhan dan pembentukan moral tiap individu yang terlibat dalam dunia pendidikan. Boarding School atau sekolah berasrama merupakan lembaga sekolah dimana didalamnya terdapat asrama sebagai tempat tinggal para peserta didik dan tenaga pendidik. Selain untuk meningkatkan kualitas lulusan sekolah , keberadaan pendidikan dan pembelajaran dalam asrama sekolah juga bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik.Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif dan metode kualitatif dengan teknik observasi, pembuatan angket dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas program pendidikan boarding school di SMA Swasta Advent Pematangsiantar Empat macam Praksis Pendidikan Karakter yaitu: Pendidkan Karakter terwujud secara eksplisit dengan dibuatnya mata pelajaran baruPendidikan Karakter terintegrasi dalam kurikulum. Pendidikan karakter masuk sebagai dimensi dalam mata pelajaran yang terdapat dalam kurikulum. Diperoleh hasil bahwa Program Pendidikan boarding school dapat membentuk karakter siswa.

Keywords


Program Pendidikan Boarding School ,Karakter

Full Text:

PDF

References


Albertus,Doni Koesoema (2012) Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Edisi revisi. Jakarta: PT Kanisius.

Albertus,Doni Koesoema (2015) Strategi Pendidikan Karakter. Revolusi Mental dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: PT Kanisius

Arikunto, Suharsimi (2002) Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Dahliana, A (2011) Menata karakter melalui nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan Bermasyarakat,Berbangsa dan Bernegara, Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Doni (2012) Karakter Peserta didik[ online ]

Hariyati, Sri (2015) Profesi Kependidikan Panduan untuk Guru dan Calon Guru .Edisi Revisi, Yogyakarta:Sembilan bintang

Handoko, T Hani (2012) Manajemen, edisi kedua. Cetakan kedua puluh tiga, Yogyakarta

Kemendiknas (2011) Buku kerja Kepala Sekolah

Lickona, Thomas. (1991) Educating for Character .New York: Bantam

Robbins,SP& Judge (2017)Perilaku organisasi, Jakarta : Salemba empat,cetakan keenam

Syahri Akhmad (2019) Pendidikan Karakter Berbasis Boarding School. Cirebon: CV. Literasi Nusantara

Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D .Bandung: Alfabeta

Sudrajat, (2010) Pengembangan karakter[ online ]

Sudjana (2005) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sriyanti, Lilik (2013) PsikologiBelajar. Yogyakarta Penerbit Ombak.Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 .Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yulk,Gary, (2001) Kepemimpinan dalam organisasi. Jakarta: Indeks




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i1.9609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.