DAMPAK ERUPSI GUNUNG SINABUNG TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOM PETANI DI DESA SUKA MERIAH KECAMATAN PAYUNG KABUPATEN KARO

Roswita Hafni, Lily Suhafni Lubis

Abstract


Pada penelitian yang dilakukan, penulis menyoroti masalah dan dampak bencana pasca meletusnya Gunung Sinabung dalam kaitannya dengan kondisi sosial ekonomi keluarga di Desa Suka Meriah di Desa Suka Meriah Kecamatan Payung Kabupten Karo yang berfrofesi sebagai petani, yaitu dengan membandingkan kondisi sosial ekonomi masyarakat sebelum dan sesudah erupsi Gunung Sinabung di Tanah Karo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Uji beda untuk melihat dampak erupsi Gunung Sinabung terhadap kondisi sosial dan ekonomi petani sebelum dan sesudah erupsi Gunung Sinabung; 2) persepsi pengungsi terhadap bantuan dari pemerintah selama terjadinya bencana erupsi Gunung Sinabung.

Dalam hal ini, dampak erupsi Gunung Sinabung terhadap kondisi sosial ekonomi petani tidak positif, yang berarti erupsi Gunung Sinabung memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kondisi sosial ekonomi petani, baik itu dalam segi pendapatan, pendidikan maupun kesehatan. Guna memperoleh data atau tanggapan dari masyarakat yang berfrofesi sebagai petani secara langsung, penulis langsung dating kelapangan melakukan penelitian serta membagikan angket (kuesioner) kepada 57 Kepala Keluarga yang Tinggal di Desa Suka Meriah Kecamatan Payung Kabupaten Karo yang sekarang telah menetap di Hunian Tetap Siosar Kabupaten Karo.

Dengan berpedoman pada hipotesa yang diajukan yaitu H0 : Tidak terdapat perbedaan kondisi sosial ekonomi petani di Desa Suka Meriah kecamatan Payung Kabupaten Karo sebelum dan sesudah erupsi Gunung Sinabung. Ha : ada perbedaan kondisi sosial ekonomi petani di Desa Suka Meriah kecamatan Payung Kabupaten Karo sebelum dan sesudah erupsi Gunung Sinabung maka Ha diterima dan H0 ditolak setelah dilkukan analisa data dengan uji t. Bencana Erupsi Gunung Sinabung memberikan dampak yang signifikan terhadap kondisi sosial ekonomi di Desa Suka Meriah Kecamatan Payung Kabupaten Karo.

Kata kunci : dampak erupsi gunug Sinabung, kondisi sosial ekonomi petani

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v16i1.1014