ANALISIS PENGARUH INFRASTRUKTUR PEMBANGUNAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) SEI MANGKEI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN SIMALUNGUN

Prawidya Hairani RS, Efen Silvia

Abstract


Penyediaan infrastruktur merupakan hal yang sangat penting dalam tahap pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei. Infrastruktur memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah dan meningkatkan pembangunan pembangunan ekonomi dengan memberikan efek langsung maupun tidak langsung.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan ketersediaan infrastruktur setelah ditetapkannya Sei Mangkei sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), serta untuk melakukan estimasi pengaruh variabel infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Simalungun dan untuk menganalisis kondisi sosial ekonomi masyarakat setelah ditetapakannya KEK Sei Mangkei di Kabupaten Simalungun. Analisis ini menggunakan data time series yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber atau lokasi tertentu namun dihimpun pada tahun 2004 hingga 2014 yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistic Kabupaten Simalungun. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dalam persen, panjang jalan (km), Produksi listrik (MWh), dan jumlah produksi air bersih ( ).

Hasil menunjukkan infrastruktur pembangunan KEK Sei Mangkei di Kabupaten Simalungun terus meningkat kecuali panjang jalan yang tidak mengalami perkembangan. Berdasarkan model dalam analisis, infrastruktur jalan positif tidak signifikan, listrik positif signifikan, dan air bersih negatif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Simalungun dan keberadaan KEK Sei Mangkei berpengaruh positif terhadap masyarakat Kabupaten Simalungun terutama dalam hal sosial ekonomi masyarakat.

Kata kunci : Pertumbuhan ekonomi, infrastruktur dasar, keberadaan KEK

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v15i1.1028