LOAN TO DEPOSIT RATIO DALAM MENINGKATKAN TINGKAT SUKU BUNGA DANA PIHAK KETIGA

Maya Sari

Abstract


Tingkat LDR yang termasuk dalam rasio likuiditas yang dapat menentukan tingkat suku bunga dana. Pada tahun 2008 PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Medan dimana tingkat LDR meningkat sebesar 15,41% dan tidak terjadi perubahan yang signifikan pada tingkat suku bunga dana pihak ketiga. Sehingga menimbulkan perbedaan antara teori dengan praktek yang menjadi latar belakang dari penulisan penelitian ini.

Penelitian ini dilakukan atas tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap tingkat suku bunga dana pihak ketiga pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap tingkat suku bunga dana pihak ketiga pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Medan?

Metode analisa data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan menggunakan rumus regresi sederhana, uji determinasi dan uji-t.

Hasil pembahasan yang diperoleh dari analisa data, bahwa koefisien regresi signifikan anatara LDR terhadap tingkat suku bunga dana pihak ketiga adalah > ?0,05 yaitu sebesar 0,408 untuk suku bunga tabungan, 0,797 untuk suku bunga giro, dan 0,965 untuk suku bunga deposito dimana LDR tidak berpengaruh terhadap tingkat suku bunga dana pihak ketiga. Hasil uji-t diketahui nilai probabilitas sig > ?0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap tingkat suku bunga dana pihak ketiga. Hasil determinasi menunjukkan bahwa pengaruh variabel X (LDR) terhadap variabel Y (tingkat suku bunga dana pihak ketiga) sebesar 4,21% sedangkan sisanya 95,79% dipengaruhi oleh faktor lain.


Keywords


LDR, Tingkat Suku Bunga DPK

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v13i1.231