PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KANTOR PENANAMAN MODAL KABUPATEN DELI SERDANG

Rukmini -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada kantor Penanaman Modal Kabupaten Deli Serdang dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada kantor Penanaman Modal Kabupaten Deli Serdang.
Penelitian ini bersifat deskriftip kuantitatif yaitu menarik kesimpulan dan menguji hubungan atau pengaruh dari ke dua variabel. Cara pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah menyebarkan kuesioner kepada responden yakni pegawai kantor Penanaman Modal Kabupaten Deli Serdang. Metode analisis data dilakukan dengan tehnik statistik, tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner (angket). Dan kemudian hasil penelitian ini akan diolah sedemikian rupa dengan menggunakan analisis korelasi produk moment. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan membandingkan nilai thit masing-masing koefisien regresi dengan nilai ttab sesuai dengan tingkat signifikansi yang digunakan.

Adapun hasil penelitian ini adalah hubungan variabel kualitas layanan (X) dengan variabel kepuasan konsumen (Y) bersifat positif, sebesar rxy = 0,894. Dan hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya atau ada pengaruh dari kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada kantor Penanaman Modal Kabupaten Deli Serdang.


Keywords


Kualitas pelayanan; Kepuasan konsumen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v13i1.233