Analisis Peranan Sub Sektor Perikanan Tangkap Terhadap Perekonomian di Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang

Lailan Safina Hsb, Reva Hari Wardana Naibaho

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana tujuannya adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis struktur hasil perikanan tangkap, struktur penggunaan alat tangkap ikan serta pendapatan nelayan di Kecamatan Pantai Labu. Dari 19 desa yang ada di kecamatan Pantai Labu, Desa Paluh Sibaji terpilih menjadi desa sampel karena hampir 80% penduduknya bermatapencarian sebagai nelayan. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 86 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tangkapan nelayan berhubungan erat dengan peralatan yang dipergunakan yaitu kapal/perahu dan jaring. Nelayan yang menggunakan perahu lebih banyak menangkap ikan di lautan dangkal dimana harga ikan yang diperoleh relatif lebih murah. Sedangkan nelayan yang sudah menggunakan kapal, akan menangkap ikan di lautan dalam yang harga ikan hasil tangkapannya relatif lebih mahal. Pendapatan nelayan secara umum masih relatif rendah. Dengan memasukkan penghasilan istri dan anak sebagai pendapatan keluarga, hampir 60% dari jumlah sampel, mempunyai pendapatan yang masih dibawah Upah Minimum Kabupaten yang besarnya sekitar Rp. 2,4 juta untuk tahun 2017. Hasil tangkapan nelayan lebih banyak dijual ke Toke daripada ke tempat pelelangan ikan mesipun harga ikan di tempat pelelangan relatif lebih tinggi dari harga Toke. Hal ini disebabkan karena banyak nelayan yang menerima pinjaman dari Toke, baik berupa uang maupun berupa kapal. Keadaan ini menimbulkan keterikatan antara nelayan dengan Toke.

Keywords


nelayan, alat tangkap, pendapatan

Full Text:

XML

References


Badan Pusat Statistik. 2016. Produk Domestik Regional Bruto Menurut Lapangan Usaha Atas Harga Konstan. Badan Pusat Statistik, Medan.

Badan Pusat Statistik Deli Serdang. 2015. Produksi Perikanan Tangkap Menurut Kecamatan Dan Subsektor Di Kabupaten Deli Serdang, Badan Pusat Statistik, Medan.

Pindyck, Robert.S &Rubenfeld, Daniel.l. 2012. Mikroekonomi, Erlangga, Jakarta.

Sukirno.Sadono. 1994. Teori Produksi Ekonomi MikroEdisi Ketiga. Rajawali Pers, Jakarta.

Todaro, Michael P. & Stephen C. Smith. 2011. Pembangunan Ekonomi Edisi 11. Erlangga, Jakarta.

Rasyid, Mohtar. 2015. Potensi Perikanan Indonesia Dalam Lingkup Masyarakat Ekonomi ASEAN, Madura: Prosding Nasional Multi Disiplin Ilmu Dan Call For Papers UNIS BANK(SENDI-U).

Jurnal. Perikanan Dan Kelautan 16,1. (2011): 79-89.




DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v18i2.2550