MODEL PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN PEMUDA

Mujahiddin Mujahiddin, Muhammad Said Harahap

Abstract


Pertumbuhan pengguna internet di seluruh dunia termasuk di Indonesia terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kemenko Info pada tahun 2014 rata-rata pengguna internet terbanyak adalah kelompok pemuda yang berada di kisaran usia 18 sampai dengan 25 tahun dan 26 tahun sampai dengan 33 tahun. Kebanyakan dari kelompok pemuda ini mengakses internet untuk aktifitas sosial media. Parahnya banyak informasi yang disajikan oleh internet dan media sosial diisi oleh konten-konten yang sifanya negative seperti gambar-gambar porno, berita-berita hoax yang bersifat fitnah dan SARA serta hal-hal negative lainnya.Untuk itu, penelitian ini akan melihat model penggunaan media sosial pada dua aspek yaitu; aspek etika dalam berkomunikasi pada media sosial dan kedua, kemampuan dalam memilah informasi yang bersifat hoax. Kedua aspek tersebut kemudian di anlisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sampel penelitian diambil secara random dengan mempertimbangkan keterwakilan dari tiap kelompok yang terdiri atas 20 orang anggota Karang Taruna Medan Johor dan 20 orang anggota BPK Ormas Oi.  Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket.  Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model penggunaan media sosial di kalangan pemuda Karang Taruna Medan Johor dan BPK Ormas Oi Medan terbagi atas dua aspek yaitu; aspek etika komunikasi dan aspek pemilahan informasi yang bersifat hoax. Pada aspek etika komunikasi terlihat banyak pemuda yang memberikan informasi secara berlebihan dengan menuliskan masalah keluarga dan percintaan pada akun media sosial mereka. Namun begitupun, di sisi lainnya, banyak juga pemuda yang tidak pernah menuliskan kata-kata cacimaki, kasar, kata-kata porno dan kata-kata yang mengandung ujaran kebencian pada akun media sosial mereka. Pada aspek pemilahan informasi yang bersifat hoax, banyak pemuda yang mengaku sering membaca judul yang bersifat profokatif dan membagikannya tanpa membandingkan informasi yangada dengan sumber lainnya. Selain itu, banyak juga pemuda yang tidak memeriksa alamat situs dan fakta pada konten informasi yang cenderung profokatif tersebut.

                                                           

Kata Kunci: Media Sosial dan Kelompok Pemuda

DOI:

https://doi.org/10.30596/interaksi.v1i2.1200


Full Text:

PDF



Jurnal Interaksi Bekerjasama Dengan:


                                       

 


Sekretariat Jurnal Interaksi:


Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSU Gedung C

Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan, Sumatera Utara 20238,

Kontak: Akhyar Anshori: 0822 7700 0285 (Telp/WA),

email: jurnalinteraksi@umsu.ac.id, web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi/index


Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Terindeks Oleh:
display this display this