Pengaruh Fear of Missing Out terhadap Keinginan Stalking Pengguna Instagram di Masa Pandemi Covid-19

Isti Syifa Rahadatul'aisyi

Abstract


Seiring dengan berkembangnya zaman dan dunia yang saat ini sedang dilanda oleh pandemi Covid-19, menimbulkan adanya keterbatasan-keterbatasan bagi setiap orang untuk melakukan berbagai kegiatan sehingga memilih untuk menghabiskan lebih banyak waktu pada media sosial yang dalam hal ini peneliti akan membahas salah satu platform yang paling umum digunakan, yaitu Instagram. Beragamnya fitur yang ditawarkan oleh Instagram, memungkinkan penggunanya melihat berbagai hal dari seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara fear of missing out dengan keinginan stalking pengguna Instagram di masa pandemi Covid-19, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara online menggunakan kuesioner dan disebar melalui Google Form. Setelah data didapatkan, peneliti mengolah data tersebut menggunakan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 23 dengan Analisis Korelasi Parametrik melalui Uji Korelasi Pearson. Berdasarkan uji yang telah dilakukan, peneliti mendapatkan hasil adanya pengaruh antara fear of missing out terhadap keinginan stalking pengguna Instagram di masa pandemi Covid-19 dengan nilai signifikansi <0.05.


Keywords


Fear of Missing Out (FoMO), Stalking, Instagram.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aarif Alutaybi, D. A.-T. (2020). Combating Fear of Missing Out (FoMO) on Social Media: The FoMO-R Method. International Journal of Environmental Research and Public Health. doi:doi:10.3390/ijerph17176128

Anushree Tandon, A. D. (2021). Dark consequences of social media-induced fear of missing out (FoMO): Social media stalking, comparisons, and fatigue. Technological Forecasting & Social Change. doi:https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.120931

Jung Ah Lee, L. F. (2021). Fear of Missing Out and Consumer Happiness on Instagram: A Serial Mediation of Social Media Influencer-Related Activities. doi:https://doi.org/10.1089/cyber.2020.0431

Kelly Moore, G. C. (2020). Fear of Missing Out and Personality as Predictors of Social Networking Sites Usage: The Instagram Case. National Library of Medicine. doi:https://doi.org/10.1177/0033294120936184

Lien Faelens, K. H. (2021). The relationship between Instagram use and indicators of mental health: A systematic review. Computers in Human Behavior Reports. doi:https://doi.org/10.1016/j.chbr.2021.100121

Moutaz Alazab, A. A. (2020). COVID-19 Prediction and Detection Using Deep Learning. International Journal of Computer Information Systems and Industrial Management Applications.

Sabah Balta, E. E. (2020). Neuroticism, Trait Fear of Missing Out, and Phubbing: The Mediating Role of State Fear of Missing Out and Problematic Instagram Use. Int J Ment Health Addiction. doi:https://doi.org/10.1007/s11469-018-9959-8

Shu-Hsien Liao, R. W.-J. (2021). Investigating Taiwan Instagram users’ behaviors for social media and social commerce development. Entertainment Computing. doi:https://doi.org/10.1016/j.entcom.2021.100461

Taherdoost, H. (2016). Sampling Methods in Research Methodology; How to Choose a Sampling Technique for Research. International Journal of Academic Research in Management (IJARM).

Teagen Nabity-Grover, C. M. (2020). Inside out and outside in: How the COVID-19 pandemic affects self-disclosure on social media. International Journal of Information Managemen. doi:https ://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102188




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v6i2.8813

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:





 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

Contact Person : Akhyar Anshori 0822 7700 0285 (WA),

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id



 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With:

           

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.