Iklim Komunikasi Organisasi Layanan Publik Bidang Kesehatan

Michael Ivan Reinald, Hilda Yunita Wono, Felita Purnomo, Patricia Adeline Valerie Soema

Abstract


Fasilitas layanan publik pada bidang kesehatan di Indonesia merupakan hal yang diperhatikan oleh pemerintah dan ditunjukkan dengan berkembangnya fasilitas layanan rumah sakit. Salah satu rumah sakit  yang telah memiliki sistem pengelolaan yang komprehensif di Kediri adalah  Rumah Sakit Graha Sehat Medika. Dengan sistem komprehensif yang dilaksanakan dalam sebuah organisasi muncul iklim komunikasi yang memiliki peran untuk bisa menciptakan kondisi yang kondusif. Tujuan penelitian ini ingin melihat nilai iklim komunikasi sehingga dapat memberikan masukkan hingga tidak terjadi kegagalan komunikasi antar departemen di Rumah Sakit Graha Sehat Medika. Penelitian kali ini akan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan respondennya adalah karyawan aktif Rumah Sakit Graha Medika. Total populasi 98 orang yang juga semuanya menjadi sampling untuk melihat kondisi iklim komunikasi dari rumah sakit tersebut. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan iklim komunikasi Rumah Sakit Graha Sehat Medika memiliki iklim komunikasi yang suportif dengan hasil 3,80. Teknologi komunikasi yang digunakan untuk memfasilitasi komunikasi antar departemen dengan optimal akhirnya melahirkan iklim yang mendukung organisasi untuk berkomunikasi. Kemampuan organisasi memfasilitasi komunikasi antar departemen dan menggunakan teknologi komunikasi dengan optimal menciptakan iklim yang mendukung bagi anggota organisasi untuk berkomunikasi.


Keywords


Komunikasi Organisasi, Iklim Komunikasi , Rumah Sakit, Kediri, Komprehensif

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Buku:

Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik Indonesia 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Devito, J. A. (2017). Essentials of Human Communication (9th ed.). Pearson Education.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2018). Laporan Akuntabilitas Kinerja Institusi Pemerintah Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan.

Mumby, K. D., & Kuhn, T. R. (2019). Organizational Communication: A Critical Introduction. California: SAGE Publications, Inc.

Pace, R. W., & Don, F. F. (2000). Komunikasi organisasi: strategi meningkatkan kinerja perusahaan (D. Mulyana, E. Kuswarno, & Gembirasari, Trans.). PT Remaja Rosdakarya.

Uha, N. I. (2015). Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja: Proses Terbentuk, Tumbuh Kembang, Dinamika, dan Kinerja Organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wono, Y. H. (2016). Iklim Komunikasi Yayasan Kasih Bangsa Surabaya. In F. Hamid & A. Makkugara (Eds.), Konferensi Nasional The Power of Communication 2016 (p. 60). Pangkal Pinang: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta.

Artikel dalam jurnal atau majalah:

Christina, Laura V. & Susilo, Astrid P. (2021). Penggunaan Metode SBAR untuk Komunikasi Efektif antara Tenaga Kesehatan dalam Konteks Klinis. KELUWIH: Jurnal Kesehatan dan Kedokteran, Vol.3(1). https://doi.org/10.24123/kesdok.v3i1.4584

Huot, S., Ho, H., Ko, A., Lam, S., Tactay, P., MacLachlan, J., & Raanaas, K. R. (n.d.). Identifying Barriers To Healthcare Delivery And Access In The Circumpolar North: Important Insights For Health Professionals. International Journal of Circumpolar Health, 78(1). https://doi.org/10.1080/22423982.2019.1571385

Santoso, A. (2015). Iklim Komunikasi Organisasi di Hotel Savana Malang. Jurnal E-Komunikasi, 3(2). https://media.neliti.com/media/publications/ 78683-ID-iklim-komunikasi-organisasi-di-h otel-sav.pdf

Trisnantoro, L., & Listiani, E. (2017). Jumlah RS di Indonesia Pertumbuhan RS Publik. https://web.persi.or.id/images/2017/litbang/rsindonesia418.pdf

Meilita, M. (2014). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Dan Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan Bagian Transaksi Energi PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Barat Area Sanggau). e-journal uajy. http://e-journal.uajy.ac.id/4640/

Suprianti, D. (2018). Iklim Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Instansi Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau. JOM FISIP, 5(II). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/download/22403/21679#:~:text=dalam%20melakukan%20penelitian.-,Teori%20Motivasi%20yang%20dikemukakan%20oleh%20W.%20Charles%20Redding%20ini%20menekankan,dan%20aspek%20tujuan%20kinerja%20tinggi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v6i2.9758

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:





 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

Contact Person : Akhyar Anshori 0822 7700 0285 (WA),

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id



 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With:

           

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.