Pembelajaran Interaktif Menggunakan Jamboard Dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Matematika

Arie Candra Panjaitan, Muhammad Huda Firdaus, Rizki Habibi

Abstract


Abstract. This research was conducted on high school students in class XII, which aims to determine the extent of students' motivation and interest in learning, when distance learning (PJJ) is applied to Mathematics subjects using Google Jamboard which is an interactive learning medium. This research is conducted in the 2021/2022 academic year in the odd semester which involves 35 students. The instruments in this study were student activity observation sheets, learning implementation observation sheets and student response questionnaires. The results of this study will be seen to increase students' motivation and interest in learning by using Google Jamboard as an interactive learning medium.

Abstrak. Penelitian ini dilakukan pada peserta didika tingkat SMA kelas XII, yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana motivasi dan minat belajar peserta didik, ketika pembelajaran jarak jauh (PJJ) diberlakukan pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan google jamboard yang merupakan media pembelajaran bersifat interaktif.  Penelitian ini di tahun ajaran 2021/2022 pada semester ganjil yang melbatkan sebanyak 35 orang peserta didik. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini akan dilihat meningkatnya motivasi dan minat belajar peserta didik dengan menggunakan google jamboard sebagai media pembelajaran interaktif.


Keywords


Pembelajaran Interaktif, Jamboard, Motivasi, Minat

Full Text:

PDF

References


Batubara, I. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA. Journal Mathematics Education Sigma, 1(1), 24–28. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/4015

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 43–53. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i2.2077

Batubara, I. H., Sari, I. P., Hariani, P. P., Novita, A., Lubis, B. S., Febri, E., Siregar, S., Keguruan, F., Universitas, P., Sumatera, M., Ilmu, F., Informasi, T., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2021). PELATIHAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP FREE METHODIST 2 Software Geogebra tersebut akan menjadikan pembelajaran matematika Media ICT yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Software Geogebra yakni software m. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 854–859.

D. Octariani dan A.C Panjaitan, “ Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Matematika SIswa”, Asimetris J. Pendidik. Mat. And Sains, vol. 1 No. 2, 2020, pp. 43-49.

Engelbrecht, J., Llinares, S., & Borba, M. C. (2020). Transformation Of The Mathematics Classroom With The Internet. Zdm - Mathematics Education, 52(5), 825–841.

Harahap, T. H. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. Journal Mathematics Education Sigma, 66–71.

Kisno, K., Turmudi, T., & Fatmawati, N. (2020). Pelaksanaan Penilaian Matematika Di Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 97–110. Rosidah, A. (2021). Pemanfaatan Google Jamboard Sebagai Media Untuk Pembelajaran Interaktif Selama Pembelajaran Jarak Jauh. In Ptp Lpmp Dki Jakarta. Ptp Lpmp Dki Jakarta

L. Christiana, “Pemanfaatan Google Jamboard dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kimia Materi Senyawa Hidrokarbon”, Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, Vol. 1 No. 2, 2021, pp. 124-131.

Panjaitan, A. C., & Panggabean, S. “ Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Dengan Model Team Games Tournament (TGT) Menggunakan Pemecahan Soal Berkonteks Cerita Rakyat Sumut di Kelas V SD, Mes: Journal of Mathematics Education and Science, vol. 5 No. 2, 2020, pp. 8-17.

Putri, L. A., Panggabean, S., Matematika, P. P., Muhammadiyah, U., Utara, S., Mathematics, I., & Mathematics, I. (2020). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DALAM. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 41–45.

R. Sulistyaningrum, Y. M. Hidayati, Sutama, A. Desstya. “Pemanfaatan Media Pear Deck dan Jamboard dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Basicedu Vol. 5, No. 5, 2021, pp. 4169-4179.

Ramadhani, K., & Azis, Z. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMK PAB 2 HELVETIA Medan T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 1(1), 34–40.

Ruseeffendi (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk meningkatkan CBSA. Jakarta : Bumi Aksara Baru

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Sutopo (Ed.); 2nd Ed.). Alfabeta.

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Ptk, Mix Method, R&D (1st Ed.). Cv. Jasmine

Talib, A., Suaedi & Ilyas, M. “ Pembelajaran Matematika Berbasis Google Suite For Education Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaboratif Siswa”, Teorema: Teori dan Riset Matematika. Vol. 6 No. 1, 2021, pp. 34-47.

Wahyuni, S. (2019). Efektivitas Model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 16–23.

Yamin, M. (2020). Efektivitas Model Auditory Intellectually Repetition Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Istiqlal Deli Tua T . P 2019 / 2020. Journal Mathematics Education Sigma (Jmes), 10–15.

Yosa, N. A., & Halomoan, T. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Pair Checks (PC) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Pada Siswa SMP Istiqlal Deli Tua. Journal Mathematics Education Sigma …, 29–33. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/4069

Zaharah, Kirilova, G. I., & Windarti, A. (2020). Dampak Wabah Virus Corona Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, 7(3), 269–282.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjmes.v3i1.9409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.