Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Berpikir Kritis Matematika Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi
Abstract
Abstrak. Pandemi covid-19 yang telah menyebar di seluruh dunia pada awal tahun 2020 memberikan dampak dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta beberapa pejabat daerah mengeluarkan kebijakan berupa merubah kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara daring (online ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor yang mempengaruhi berpikir kritis matematika siswa dalam proses pembelajaran secara daring selama masa pandemi covid-19 dan untuk mengetahui faktor yang signifikan mempengaruhi berpikir kritis siswa yang totalnya ada 20 pernyataan. Populasi dalam penelitian ini adalah siwsa SMA di Gg.Tabib Jl.Bunga Kardiol Ladang Bambu dan jumlah sampelnya 29 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket atau kuisioner.Hasil penelitian ini memperoleh bahwa analisis faktor berpikir kritis matematika siswa dalam proses pembelajaran secara daring selama masa pandemi covid-19 berpengaruh positif. Pada uji reliabilitas , kondisi fisik memiliki nilai 0.679% ,artinya indikator kondisi fisik mempengaruhi berpikir kritis sebesar 67.9% dan kecemasan memiliki nilai sebesar 0.675%, artinya indikator kecemasan mempengaruhi berpikir krtis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi berpikir kritis belajar matematika siswa adalah faktor yang memiliki nilai tertinggi adalah faktor kondisi fisik. Maka perlulah para siswa untuk terus menjaga kondisi fisik mereka dalam belajar sehingga hasil belajar matematika optimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Amin, Y., & Murtiyasa, B. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5(1), 49-65.
Arif, D. S. F., Zaenuri, Z., & Cahyono, A. N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 323-328).
Batubara, I. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA. Journal Mathematics Education Sigma, 1(1), 2428. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/4015
Batubara, I. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 152159. https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1291
Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 1317.
Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics Education , 2(1), 812. http://journal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/6746
Kurniawan, R. I., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan pembelajaran daring. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 150-160.
Putri, Nanda Pratiwi. (2016) Jurnal Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMA Muhammadiyah 2 Medan T.P 2015/2016
Ramadhani, K., & Azis, Z. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMK PAB 2 HELVETIA Medan T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 1(1), 3440.
Sasniar. (2016) Jurnal Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi berpikir kritis matematika siswa di SMP Hasanuddin Medan Tahun Pelajaran 2015/2016
Suciono, W., Rasto, R., & Ahman, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Era Revolusi 4.0. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1), 48-56.
Ulfa, M., & Panggabean, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Crh (Course Review Horay) Dalam Meningkatkan Aktivitas Kemampuan Belajar . Journal Mathematics Education Sigma , 7883. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/5192
Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 325-332.
Yustika, Enggar. (2016) Jurnal Pengaruh berpikir kritis dan sikap kreatif terhadap kemampuan belajar matematika siswa SMA Muhammadiyah 2 Medan T.P 2015/2016
Zafri. (2012) Jurnal Berpikir Kritis Pembelajaran Sejarah.UNY
DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v3i1.9466
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.