Archives







2015

Vol 9, No 3 (2015): Evaluasi Simpangan Horizontal Pilar Jembatan Beton Bertulang

Studi ini bertujuan untuk mengetahui simpangan horizontal dan daktilitas simpangan pilar jembatan beton bertulang yang terletak di tanah lunak dan wilayah gempa 4 untuk berbagai asumsi pemodelan struktur. Asumsi pemodelan dibedakan dengan kondisi pilar jembatan tanpa interaksi pondasi dan dengan interaksi pondasi memakai elemen pegas berdasarkan FEMA 356 dan FEMA 440. Analisa struktur yang digunakan adalah analisa statik tidak limier (Pushover analysis). Hasil studi menunjukkan bahwa simpangan horizontal dan daktilitas simpangan terbesar terjadi pada pilar jembatan interaksi dengan pondasi (hubungan antara pile cap dan pangkal tiang pancang dianggap rigid sedangkan ujung tiang pancang dianggap sendi) berdasarkan FEMA 356.

Vol 9, No 2 (2015): Kajian Kurva Kapasitas Struktur Baja SRPM Akibat Penyerapan Desain Plastis Berbasis Kinerja pada Daerah Kegempaan Tinggi

Penelitian ini mengevaluasi kinerja struktur baja SRPM 3- dan 8-tingkat, yang didesain plastis berbasis kinerja di Pulau Nias dengan variasi rasio simpangan target 0.015, 0.025, dan 0.03, melalui analisis statis nonlinier menggunakan SeismoStruct, dan dengan data gempa Duzce 1999, Kocaeli 1999, dan Hector Mine 1999 yang telah diskalakan terhadap spektrum respons desain Pulau Nias. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur desain plastis berbasis kinerja dapat diterapkan dengan baik pada daerah kegempaan tinggi (Pulau Nias, Indonesia). Dari kurva kapasitas struktur menunjukkan bahwa gaya geser dasar desain plastis berbasis kinerja lebih realistis dibandingkan gaya geser dasar desain elastis. Hal ini dibuktikan oleh kuat lebih yang sangat besar pada desain elastis.

Vol 9, No 2 (2015): Studi parametrik kinerja dinding pengisi bata merah pada struktur beton bertulang akibat beban gempa

Studi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kekakuan, kekuatan dan penempatan (konfigurasi) dinding bata terhadap struktur. Struktur bangunan dimodelkan sebagai portal 2 dimensi dan terdiri dari 5 model yaitu struktur open frame, strukturfully-infilled wall frame, strukturfully-infilled wall frame dengan bukaan 16%, struktur fully-infilled wall frame dengan bukaan 40%, dan struktur open first-story frame. Hasil analisis menunjukkan bahwa kontribusi dinding pengisi yang terbuat dari dinding bata sangat mempengaruhi kekakuan lateral stnkttur. Adanya dinding pengisi yang kaku di sebuah level tingkat dan pada level tingkat lain tidak ada dapat menyebabkan efek tingkat lemah (soft story). 






2011

Vol 59, No 1 (2011): (Turnitin) Influence of Large Dam on Seismic Hazard in Low Seismic Region of Ulu Padas Area, Northern Borneo

This study conducts probabilistic and deterministic seismic
hazard analyses, and reservoir-triggered seismicity of a site affected by the future existence of a large dam. The result shows that the spectrum acceleration of the maximum
design earthquake for the investigated site in the Ulu Padas Area in Northern Borneo is taken from the reservoir-triggered seismicity earthquake at short periods and from the current condition at longer periods.


0

Analisis Makna Gaya Bahasa Personifikasi Puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono

Bahasa memiliki peranan penting dalam menciptakan sebuah karya sastra karena melalui kaidah-kaidah dalam menciptakan sebuah karya sastra diperlihatkan pemakaian bahasa yang indah, sehingga karya sastra tersebut akan menjadi lebih baik. Ini juga akan menjadi kekhasan pengarang dalam menciptakan karya sastra hasil olahan pikiran dan perasaannya.

GAMBARAN PENDIDIKAN PESANTREN PADA NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA A. FUADI: PENDEKATAN MIMETIK

Sebuah karya sastra bisa ada disebabkan karena adanya seseorang di balik penulisannya. Karya sastra ini akan dapat disebarkan atau dipublikasikan ke khalayak, kemudian dapat dibaca oleh mereka. Pembaca akan mengambil sendiri manfaat dan keindahan dari karya sastra tersebut menurut persepsi masing-masing, namun pertanyaannya adalah dari manakah pengarang mengambil bahan mentah (ide) untuk karya sastranya?

INFLUENCE OF REPEATED EARTHQUAKES ON THE DUCTILITY DEMAND OF INELASTIC RC BUILDINGS

INFLUENCE OF REPEATED EARTHQUAKES ON THE DUCTILITY DEMAND OF INELASTIC RC BUILDINGS


2009

Cover Page

Vol 22 (2009): PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG SAHAM MINORITAS AKIBAT PERISAHAAN MELAKUKAN MERGER

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG SAHAM MINORITAS AKIBAT PERISAHAAN MELAKUKAN MERGER

2016

Cover Page

2016: HUKUM DAGANG - Perkembangan Buku Kesatu Kitab Undang-Undang Hukum Dagang Indonesia

HUKUM DAGANG - Perkembangan Buku Kesatu Kitab Undang-Undang Hukum Dagang Indonesia.


0

Cover Page

Vol 3: REFORMULASI SISTEM PENEGAKAN KODE ETIK PENYELENGGARA PEMILU

REFORMULASI SISTEM PENEGAKAN KODE ETIK PENYELENGGARA PEMILU


51 - 75 of 556 Items     << < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>