ANALISIS PERBEDAAN PASAR MODERN DAN PASAR TRADISIONAL DITINJAU DARI STRATEGI TATA LETAK (LAY OUT) DAN KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN POSISI TAWAR PASAR TRADISIONAL

NEL ARIANTY

Abstract


Penelitian ini bertujuan membandingkan pasar tradisional dan pasar modern dari sisi tata letak dan kualitas pelayanan.  Hasil penelitian ini akan berguna  pemerintah dan instansi terkait dalam pengembangan pasar tradisional, dan bisa melakukan perbaikan dari segi tata letak dan kualitas pelayanan. Pada akhirnya pasar tradisional akan diminati kembali oleh konsumen. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif serta uji perbedaan persepsi konsumen terhadap pasar modern dan pasar tradisional dari segi tata letak dan kualitas pelayanan. 

Hasil uji perbedaan persepsi konsumen dari segi tata letak menunjukkan ada perbedaan signifikan. Dari uji perbedaan persepsi konsumen dari segi kualitas pelayanan, terlihat  ada perbedaan yang signifikan antara kualitas pelayanan  pasar moden dan pasar tradisional.

Dari hasil plotting matriks performance analisis pasar modern diketahui bahwa faktor penilaian kualitas pelayanan lebih banyak berada di kuadran B, yaitu untuk dipertahankan, diikuti oleh kuadran A (untuk diperbaiki) dan 2 faktor di kuadran C.  Untuk faktor kualitas pelayanan pasar tradisional, 17 faktor berada dalam kuadran D, 1 faktor berada dalam kuadran C. Kualitas pelayanan pasar modern dipersepsikan baik oleh konsumen, sedangkan pasar tradisional dinilai cukup baik.


Keywords


Manajemen

DOI:

https://doi.org/10.30596/jimb.v13i1.106


Full Text:

PDF

References


Dibyo Iskandar, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris NASABAH PD. BANK Perkreditan Rakyat Bkk Boyolali Kota), Skripsi

Elita Mieke Wijaya, 2011, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen, Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Waterpark Semawis Semarang), Skripsi

Fandy Tjiptono. 2001. Manajemen Jasa, Penerbit Andi, Cetakan Kedua, Yogyakarta.

L.V.Ratna Devi, 2012, Revitalisasi Pasar Tradisional Pada Masyarakat Modern, Diskusi Bulanan Jurusan SOSIOLOGI - FISIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET , diakses dari http://sosiologi.fisip.uns.ac.id

Lila Bismala, 2012, Manajemen Produksi Operasi, Perdana Publishing, Medan

Lupiyoadi R, Hamdani A. 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Maria Ulfa, 2010, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Berbelanja Konsumen Di Centro Departement Store Dengan Penetapan Variabel Diskon Sebagai Intervening Variabel, Skripsi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Manajemen dan  Bisnis is abstracting & indexing in the following databases: 

         


Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

ISSN 1693-7619 (print) | ISSN 2580-4170 (online)

 

 

View My Stats