Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Kemampuan Adaptasi Karir terhadap Niat Mengundurkan Diri pada Asisten Kebun Kelapa Sawit

Hendra Kusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh karakteristik pekerjaan dan kemampuan adaptasi karier terhadap niat mengundurkan diri asisten kebun kelapa sawit di Indonesia. Job Demands-Resources (JDR) adalah model stres kerja yang menjelaskan bahwa karyawan perlu keseimbangan tuntutan pekerjaan (misal kelebihan beban kerja) dan sumber daya, untuk mengurangi stres dan niat mengundurkan diri. Sumber daya berasal dari pekerjaan (misal keamanan kerja, dukungan organisasi, peluang pertumbuhan dan kemajuan) dan dari pribadi (misal kemampuan adaptasi karier). Penelitian ini fokus pada industri kelapa sawit Indonesia yang terus berkembang, tampak dari peningkatan area tertanam dan jumlah produksi minyak sawit mentah (CPO). Penelitian dilakukan pada 205 asisten kebun perusahaan kelapa sawit swasta di Sumatera dan Kalimantan. Asisten kebun biasanya merupakan lulusan diploma/sarjana pertanian dengan tanggung jawab utama: supervisi manajemen perkebunan termasuk administrasi, transportasi buah ke pabrik dan pengawasan sejumlah besar pekerja serta menjaga kondisi sosial tetap kondusif. Beban kerja yang beragam ini meningkatkan niat mengundurkan diri ketika tidak didukung sumber daya yang memadai. Penelitian ini menggunakan structural equation model (SEM) dengan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif tuntutan pekerjaan dan pengaruh negatif sumber daya kerja terhadap niat mengundurkan diri. Kemampuan adaptasi karier berpengaruh tidak signifikan dan tidak memberikan efek mediasi pada hubungan karakteristik pekerjaan dengan niat mengundurkan diri.

Keywords


asisten kebun kelapa sawit, job demands-resources, kemampuan adaptasi karir, niat mengundurkan diri

DOI:

https://doi.org/10.30596/jimb.v20i1.2623


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Manajemen dan  Bisnis is abstracting & indexing in the following databases: 

         


Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

ISSN 1693-7619 (print) | ISSN 2580-4170 (online)

 

 

View My Stats