PENYULUHAN DAN PARENTING PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK USIA DINI DI KECAMATAN RUMBAI

Al Khudri ,, Heleni ,, Sean ,

Abstract


Pendidikan seks anak usia dini .penting dalam tumbuh kembang anak kita, serta termasuk di dalamnya menjawab pertanyaan anak-anak kita secara jujur, dengan mempertimbangkan kematangan dalam usianya ketika mengajukan pertanyaan seputar seks. Dan ini merupakan strategi yang sangat baik.Pengertian anak mengenai seks dapat dibagi menjadi beberapa tahap, sehingga membicarakan seks dengan anak harus disesuaikan dengan tahapan-tahapan tersebut. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman orangtua tentang pendidikan seks bagi anak usia dini. Mengingat selama ini pendidikan pada fase ini seringkali terabaikan dan atau kurang dimengerti oleh masyarakat. Sasaran dari pengabdian ini adalah orangtua,dengan alasan karena mereka lah nantinya akan berhubungan langsung dengan anak-anak mereka. Dengan demikian orangtua ini harus memahami arti penting dan bagaimana proses pendidikan seks bagi anak di usia dini.Berdasarkan pertimbangan tersebut, tim dosen (pengusul IbM)menawarkan solusi terhadap permasalahan-permasalahan tersebut melalui kegiatan penyuluhan dan parenting pendidikan seks bagi anak usia dini. Penyuluhan dalam kegiatan IbM ini direncanakan tuntas dalam waktu satu kali pertemuan. Dari beberapa manfaat kegiatan IbM ini, tim pengusul merumuskan judul kegiatan ini menjadi penyuluhan dan parentingpendidikan seks bagi anak usia dini.

Full Text:

PDF


Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.