Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan

Akrim Akrim, Nurzannah Nurzannah, Nurman Ginting

Abstract


Tujuan dilaksanakannya pengabdian pada masyarakat ini adalah; pertama untuk memenuhi salah satu kewajiban tri dharma perguruan tinggi, kedua untuk meningkatkan keterampilan para guru SD Muhammadiyah di Kota Medan  dalam mengembangkan program Pembelajaran Tematik Terpadu dan dapat keterampilan mengimplementasikannya dalam pembelajaran di kelas secara riil. Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan tersebut adalah dengan melakukan penyuluhan dan pelatihan dalam bentuk Workshop dan Peer Teaching, serta pendampingan dalam membuat program pembelajaran tematik terpadu sampai pada monitoring dan evaluasi dalam mengimplementasikannya di kelas. Target khusus pengabdian pada masyarakat ini adalah agar para guru SD Muhammadiyah di Kota Medan, dapat merancang, mengimplementasikan sekaligus mengevaluasi program pembelajaran Tematik Terpadu yang dilaksanakannya, yang pada akhirnya proses pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dan efisien.


Keywords


Guru SD, Pembelajaran Tematik Terpadu, Pengembangan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjp.v2i2.2462

Article Metrics

Abstract views : 2232 times     PDF downloads : 2104 times

Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.