Jelly Art: Si Cantik, Manis dan Halal

Rini Ekayati

Abstract


Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah kelompok kaum ibu yang tergabung dalam perwiritan Al-Falah dan Al-Hidayah. Lokasi Pengabdian Kepada Masyarakat ini terletak di Dsn Banjar Negoro B dan Dusun PW Asri A, Desa Sidodadi Ramunia, Kec. Beringin, Kab. Deli Serdang, Sumut. Mitra berkontribusi dalam kegiatan dalam bentuk penyediaan sarana pendukung kegiatan seperti lokasi pelatihan, praktik, dan observasi. Mitra juga bertindak selaku anggota tim kegiatan dalam hal penyediaan peserta yang terlibat dalam kegiatan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemukan yaitu belum adanya usaha untuk meningkatkan keterampilan kaum ibu dalam bidang tata boga, terkhusus olahan puding, yang dapat membantu perekonomi keluarga. Adapun solusi yang ditawarakan adalah kegiatan mengolah puding jelly menjadi panganan yang mengandung nilai seni kreatif. Kegiatan dirancang dalam bentuk workshop tata boga pengolahan jelly (puding) dengan unsur art (seni) yang disebut dengan jelly art seni menghias puding. Dengan metode ini, sebuah jelly sederhana dapat diolah menjadi lebih indah dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Di akhir program, kontribusi mendasar pada khalayak sasaran adalah terbentuknya kelompok kaum ibu yang mandiri dan memiliki keterampilan dalam bidang olahan puding yang bernilai jual tinggi sebagai salah satu solusi dalam menghadapi permasalahan ekonomi di dalam keluarga.



Keywords


Kuliner Kreatif, Puding, Pudding Art

Full Text:

PDF


Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.