Brain Gym Bagi Guru SMP di Kecamatan Percut Sei Tuan

Yenni Hasnah, Pirman Ginting

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa pelatihan brain gym bagi guru-guru SMP di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman dan keterampilan mendasar kepada para guru SMP terkait konsep dan implementasi brain gym sebagai salah satu variasi kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk membuat siswa tetap fokus dalam mengikuti aktivitas pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan secara berkolaborasi dengan sekolah mitra melalui beberapa metode pendekatan seperti pendekatan partisipatif, pendekatan kelompok, pendekatan individual, metode ceramah, dan metode diskusi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi sekolah mitra berupa peningkatan pengetahuan/wawasan dan pengalaman para guru terkait konsep dan praktek brain gym yang selanjutnya dapat diimplementasikan di setiap kelas pembelajaran. Pengimplementasian gerakan senam otak sebagai bagian dari rangkaian kegiatan pembelajaran di kelas dapat meningkatkan kesegaran jasmani baik bagi guru maupun peserta didik sehingga hal tersebut memberikan kontribusi yang cukup signifikan untuk meningkatkan motivasi dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran.



Keywords


Brain gym, Guru SMP, Pengabdian kepada masyarakat

Full Text:

PDF


Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.