PKM Pembuatan Saluran Drainase Dusun Ii Jln Inpres Desa Tanjung Gusta Untuk Mengatasi Banjir

Fahrizal Zulkarnain, Irma Dewi Dewi

Abstract


Tujuan dari pembuatan saluran drainase adalah untuk menjadikan masyarakat Dusun II sebagai mitra yang mandiri dalam membuat saluran drainase pada masa yang akan datang. Sehingga membantu menciptakan ketentraman, dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat yang ditandai dengan teratasinya banjir yang sering melanda Dusun II pada saat musim penghujan. Mengatasi banjir adalah dengan membuat kemiringan tertentu, volume air yang banyak dapat dialirkan dengan kecepatan aliran yang baik. Air hujan, air limpahan, atau air rumah tangga menjadi dasar yang harus dipertimbangkan agar saluran drainase dapat menampung limpahan air tersebut. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui tinggi permukaan tanah awal sebagai dasar aliran tertinggi untuk mengalirkan air dengan cepat pada musim penghujan. Tinggi muka tanah pada bagian-bagian tertentu juga dibuat lubang agar air dapat cepat masuk ke dalam drainase dan terus mengalir tanpa menyebabkan banjir. Kecepatan air mengalir juga ditentukan oleh kemiringan yang ditentukan dalam perencanaan awal drainase. Penentuan tinggi akan bervariasi yang ditentukan berdasarkan daerah pada masing-masing yang dilewati oleh air. Penentuan ini juga akan berpengaruh kepada efektifitas saluran agar berfungsi dengan baik sesuai dengan yang direncanakan.


 


Keywords


Saluran Drainase, Curah Hujan, Limpahan Air, Campuran Beton, Galian Tanah

Full Text:

PDF

References


Nugraha, Putra dan Antoni, (2004). Teknologi Beton. Dari Material, Pembuatan, ke Beton Kinerja Tinggi. LPPM Universitas Kristen Petra dan Penerbit Andi. Yogyakarta.

Suripin, (2004). Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Peberbit ANDI. Yoyakarta.

Zulkarnain, F (2016). IbM Sumur Resapan Desa Tanjung Gusta untuk Pengendali Banjir. Iptek bagi masyarakat. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.