Pemanfaatan Kompos Dalam Pembudidayaan Bawang Merah Pada Pekarangan Rumah Di Desa Tomuan Holbung Kecamatan Bandar Pasir Mandoge

Devi Andriani Luta, Sri Mahareni Br. Sitepu, Ariani Syahfitri Harahap

Abstract


Abstrak

 

Bawang merah merupakan tanaman hortikultura yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Alasan pentingnya masyarakat membudidayakan bawang merah sendiri yakni diantaranya kebutuhan bawang merah di dalam rumah tangga cukup banyak karena hampir setiap hari masyarakat mengkonsumsi bawang merah untuk memasak, maka dari itu untuk mengurangi pengeluaran masyarakat harus bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.  Dalam pembudidayaan bawang merah diperlukan bahan organik yang dapat membuat pertumbuhan baik sehingga menghasilkan produksi yang maksimal. Selama ini masyarakat hanya membuang sampah dedaunan disekitar pekarangan mereka sehingga dan ada juga yang membakar daun tersebut terjadinya pencemaran di lingkungan sekitar mereka. Pembuatan kompos diharapkan dapat diaplikasikan langsung untuk pembudidayaan bawang merah pada pekarangan rumah.

 


Keywords


Kompos,budidayaan, bawang merah pekarangan rumah

Full Text:

PDF

References


Referensi

Elisabeth, D, W, Santosa, M dan Herlina, N., 2013. Pengaruh pemberian berbagai Komposisi Bahan Organik pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.). Jurnal Produksi Tanaman Vol.1 No 3. ISSN : 2338-3976.

Estu, Rahayu, dan Berlian V A, Nur. 2007. Bawang merah. Penebar Swadaya. Jakarta.

Harjadi. 2002. Petunjuk Pemupukan yang Efektif. Agro Media Pustaka. Jakarta.

Kaswara. 2000. Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman. Agromedia. Pustaka. Jakarta.

Mardiharini, M. 2011. Model Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Pengembangannya ke Seluruh Provinsi di Indonesia. Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 33(6):3-5. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Sumarni, N, dan Hidayat, A., 2005. Panduan Teknis Budidaya Bawang Merah. Balai Penelitian Tanaman Sayuran. Lembang.

Waluyo Nurmalita dan Rismawita Sinaga. 2015. Bawang Merah yang di Rilis oleh Balai Penelitian Sayuran. Iptek Tanaman Sayuran No. 004, Januari 2015. Tanggal diunggah 21 Januari 2015.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.