Budaya Literasi Anak Melalui Cerita Rakyat Sumatera Utara Di Kampung Nelayan Seberang

Khairil Khairil, Fatimah Sari Siregar, Edy Suprayetno

Abstract


Abstrak.

Tujuan dalam kegiatan adalah literasi melalui cerita rakyat yang ada di Sumatera Utara kepada anak yang terdapat di Kampung Nelayan Seberang Belawan. Kampung Nelayan Seberang merupakan kampung indikasi 3T dikarenakan memiliki hal seperti: 1) adanya kesenjangan dalam sektor kehidupan; 2) Tingkat pendidikan rendah, dan; 3) Minimnya akses infrastruktur yang menghambat aktivitas desa tersebut. Metode untuk membangkitkan minat literasi melalui cerita rakyat Sumatera Utara dengan melalui media boneka tangan. Media tersebut berguna untuk memberikan inovasi dan motivasi kepada anak untuk menumbuhkan literasi. Selain itu juga, metode pelaksanaan dalam program menggunakan storylling, mengumpulkan data, membuat pelatihan mendongeng bagi anak-anak. Mitra Sanggar Kental Manis yang merupakan mitra pengabdian yang bergerak dalam bidang membangkitkan minat akan cinta tanah air dan budaya bagi anak-anak sekolah dasar yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat literasi melalui cerita anak yang mengangkat unsur kearifan lokal di Sumatera Utara.


Keywords


Budaya Literasi, Cerita Rakyat,

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Aliyah, S. (2011). Pengaruh Metode Storytelling dengan Media Panggung Boneka terhadap Peningkatan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Usia Dini. (Tesis). Sekolah Pasca Sarjana, UPI, Bandung.

Bohlin, Karen E. 2005. Teaching Character Education Through Literature Awakening The Moral Imagination in Secondary Classrooms. London & New York: RoutlegdeFalmer Taulor & Francis Group.

Grabe, W. & Kaplan R. (Ed.) 1992. Introduction to Applied Linguistics. New York: Addison-Wesley Publishing Company.

Graff, Harvey J. 2006 Literacy. Microsoft Encarta [DVD]. Redmond, WA: MicrosoftCorporation 2005.

Khasanah, Uswatum. 2018. Efektifitas Penggunaan Metode Glenn Doman Terhadap Kemampuan Membaca Kata Anak Cerebral Palsy Kelas IV SDLB Di SLB Rela Bhakti 1




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.