Pembinaan Karya Ilmiah Remaja Dengan Menggunakan Metode Tutorial Pada Guru SMA Sekolah Muhammadiyah Sektor Medan

Feri Hayati, Yusni Khairul Amri, Nadra Amalia

Abstract


Abstrak

Permasalahan pemahaman guru tentang kompetensi siswa dalam menulis karya ilmiah selama ini terabaikan, padahal, Kompetensi Keterampilan menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) wajib dimiliki Guru sesuai dengan tuntutan profesionalisme Guru. Sementara itu, guru mengabaikan materi karya ilmiah di kelas karena kekurangmampuan dalam mengajarkannya, keterampilan menulis Karya Tulis Ilmiah siswa dianggap terlalu rumit, mengajarkan keterampilan menulis karya ilmiah membutuhkan waktu yang lama, faktor pendukung sarana dan prasarana yang terbatas. Siswa yang ingin menulis karya tulis ilmiah tidak mendapat pembimbingan Berdasarkan fenomena masalah tersebut maka target kegiatan pengabdian ini, a) memberikan pengetahuan tentang menulis penelitian/ karya ilmiah kepada guru dan melatih guru dalam melakukan tutorial serta tahapan pembimbingan kepada siswa untuk terampil menulis karya ilmiah. Serta memantau perkembangan proses tutorial yang dilakukan guru.


Keywords


Pengelolaan, Perpustakaan, Sekolah Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zaenal E. 2003. Dasar-Dasar Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: PT. Grasindo Asyari S.Imam.1984. Petunjuk Teknis Menulis Naskah Ilmiah.Surabaya:Usaha Nasional.

Choesin, Devi N. Dkk. (2001).Pembinaan Metode Tutorial Kelompok dengan Sistem Paket yang ditunjang dengan Visualisasi Komputer dalam Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Bandung: Fakultas MIPA ITB.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.1995.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.

Direktorat Pembelajaran dan Keguruan Direktorat jenderal pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2014. Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi.Kisi-Kisi Mutu Lulusan Program Studi menurut konsep KKNI & SN-DIKTI sebagai Dasar Penyusunan Kurikulum

Hamalik. Oemar, 1975.Metode Belajar dan Kesulitan Belajar . Bandung: Tarsito.

Haryono, Anung. (2003). Pengertian dan Konsep Sistem Belajar Jarak Jauh. Jakarta: SEAMEO SEAMOLEC.

ISMKn, Suci M. (2003). Tes Construction: Writing Items for a Self-learning Material. Jakarta: SEAMEO SEAMOLEC.

Nasoetion, Andi Hakim, 1992, Panduan Berpikir dan meneliti Secara Ilmiah Bagi Remaja. Jakarta.: Gramedia Widia Sarana.

Saudah.Ali dkk. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah.Malang: Universitas Malang.

terbitan 5 tahun terakhir. [Times New Roman, 11, normal] jurnal nasional dan internasional.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.