Pengolahan Cabai Merah (Capsicum annum l.) Menjadi Sari Cabai Original Untuk Menciptakan Peluang Usaha Bagi Masyarakat

Candrianto Candrianto, Suci Oktri Viarani, Ridha Luthvina, Meilizar Meilizar, Nurike Oktavia, Wahyuni Amalia

Abstract


Abstrak.

Cabai merah besar (Capsicum annum l.) salah satu produk pertanian hortikultura yang banyak diusahakan oleh petani. Sumatera Barat dengan konstribusinya sebesar 5,83% atau sebesar 58.064 ton per tahun menghasilkan sentra produksi cabai yang berasal dari beberapa daerah akan tetapi yang menghasilkan produksi cabai terbesar berada di Kabupaten Solok yaitu 19.325 ton. Namun ironisnya harga cabai sering mengalami fluktuasi yang tidak teratur. Suatu ketika cabai bisa mencapai harga yang sangat mahal, lalu harga akan sangat jatuh ketika panen melimpah. Beberapa petani bahkan sampai membuang cabai-cabai hasil panen yang masih bagus karena harga jual cabai pada panen raya sangat rendah. Untuk membantu para petani dalam mengatasi fluktuasi harga tersebut, perlu dilakukan upaya-upaya pemanfaatan cabai merah menjadi aneka produk melalui pengolahan cabai merah dalam bentuk bubuk dengan rasa original. Metode pelaksanaan yang dilakukan berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang nilai kandungan gizi dan manfaat sari cabai dan mempraktekkan langsung pengolahan cabai menjadi bubuk cabai. Hasil dari kegiatan PKM ini masyarakat dapat mempraktekkan langsung pengolahan cabai menjadi bubuk cabai yang akan menjadikan peluang usaha yang baru bagi masyarakat.

Keywords


Cabai Merah; Sari Cabai; Peluang Usaha

Full Text:

PDF

References


Referensi

Anonima . 2011. Rancang Bangun Sistem Pengering Cabai Merah secara Elektrik. http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:VYRUN0r1jwgJ:digilib.un nes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/import/1849.pdf.(Maret 2011).

Anonimb . 2011. Pasca Panen Cabai. http://www.lablink.or.id/Env/Agro/CabeKriting/cabe-panen.htm. (Maret 2011).

Bambang Prayudi. 2010. Budidaya dan Pascapanen Cabai Merah (Capsicum annum L.). Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Jawa Tengah.

Duaja, M.D., dan A. Saputra. 2009. Evaluasi hasil dan komponen hasil cabe merah (Capsicum Annuum L.) pada ultisol dengan beberapa perbedaan dosis CMA, pupuk P dan GA3. Jurnal Agronomi, 13 (2): 24-30.

Kementerian Perdagangan. 2016. Profil Komoditas Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting. Jakarta.

Meisami, E. 2010. Determination of suitable thin layer drying curve model for apple slices. Departement of Agricultural Machinery, Faculty of BoiSystems Engineering, College of Agricultural and Natural Resource, University of Tehran, Karaj, Iran.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.