Manisan Tomat Kering sebagai Solusi Peningkatan Daya Guna dan Pendapatan Petani Tomat

Wahyuni umami, Riris Nadia Syafrillia Gurning, Dian Retno Intan

Abstract


Abstrak. Kelompok tani Dosniroha sering membudidayakan tomat dan memiliki hasil yang tinggi. Namun fluktuasi harga membuat petani sering mengalami kerugian. Penulis menihat kondisi tersebut sebagai peluang untuk meningkatkan nilai guna dan pemanfaatan petani melalui pengolahan tomat menjadi produk lain seperti manisan tomat sehingga terlaksana Program Kemitraan Masyarakat (PKM) antara Fakultas Pertanian UMSU dengan Kelompok Tani Dosniroha di Desa Nangga Jati. PKM ini bertujuan meningkatkan keahlian dan keterampilan kelompok tani Dosniroha dalam pengolahan tomat menjadi manisan tomat yang memiliki harga yang lebih tinggi. PKM ini dilakukan dengan cara penyuluhan, sosialisasi dan pembuatan manisan tomat. Pelaksanaan PKM berjalan dengan lancar dan masyarakat sangat tertarik untuk mengolah tomat yang mereka hasilkan menjadi manisan tomat. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa 95% dari anggota yang mengikuti pelatihan menyatakan bersedia untuk mengolah tomat menjadi manisan tomat. Selain itu 100% dari partisipan menyatakan menyukai manisan tomat yang telah dihasilkan. Namun selanjutnya hal yang harus dilakukan adalah mencari mitra dan peluang pasar untuk penjualan manisan tomat yang dihasilkan oleh kelompok tani Dosniroha.


Keywords


Manisan Tomat Pengolahan Tomat PKM UMSU

Full Text:

PDF

References


Referensi

Andani, A., Nusril, N., dan Rasyid, W. (2017). Kausalitas Harga dan Permintaan Komoditas Pertanian di Provinsi Bengkulu. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 17(2), 184-194.

Dermoredjo, S. K. (2019). Analisis Kebijakan Pengembangan Padi, Jagung, dan Kedelai di Indonesia dalam Menghadapi Perdagangan Bebas ASEAN.

Dewayani, W., dan Darmawidah, A. (2014). Peningkatan mutu dan daya simpan pasta tomat dengan cara blansing. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 11(3).

Effendi, M. R., Nuryati, N., dan Jaya, J. D. (2017). Optimasi Pembuatan Kurto (Kurma Tomat). Jurnal Teknologi Agro-Industri, 3(1).

Febriyanti, N., Caronge, M. W., & Lahming, L. (2018). Pengaruh Lama Pengeringan Dan Berbagai Jenis Gula Terhadap Kualitas Manisan Tomat (Lycopersium Esculentum). Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 4(1), 86-94.

Hadi, S., & Sita, B. R. (2018). Produktivitas Dan Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Produksi Usahatani Tomat (Solanum Lycopersicum Mill) Di Kabupaten Jember. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 9(3), 67-78.

Heriani, N., Zakaria, W. A., dan Soelaiman, A. (2018). Analisis Keuntungan Dan Risiko Usahatani Tomat Di Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 1(2).

Kharisma, F., Yulinda, E., dan Hamid, H. 2015. Business Marketing Tips Pecel Lele Tent Shop All The Way Of Cross North Sumatra Lirik District Indragiri Hulu Regency Riau Province (Doctoral dissertation, Riau University).

Munzilin, M., Elfiana, E., dan Martina, M. (2017). Strategi Pemasaran Manisan Buah di Desa Teupin Punti Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Sains Pertanian, 1(3), 210844.

Tendean, F., Lalujan, L. E., dan Djarkasi, G. S. 2016. Karakteristik Fisikokimia dan Sensori Manisan Tomat (Lycopersicum esculentum). In Cocos




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.