IbM KELOMPOK TERNAK SAPI : PEMBUATAN YOGHURT DARI SUSU SAPI SKALA RUMAH TANGGA

Khairunnisa Rangkuti

Abstract


IbM dilaksanakan didesa Timbang Deli kec.Galang Kab. Deli Serdang dengan mitra terdiri dari 2 kelompok tani/ternak yaitu: Kelompok tani/ternak Podo Rukun dan kelompok tani/ternak Tunas Harapan. Permasalahan mitra adalah sulitnya pemasaran susu sapi segar dan harga jual produk yang rendah ( Rp.15000/liter), produk yang mudah rusak, mitra belum mengetahui cara pengolahan susu yang dapat meningkatkan nilai tambah produk dan daya simpan yang singkat. Kurangnya pengetahuan tentang bagaimana peningkatan nilai tambah produk primer (susu sapi segar) menjadi produk olahan menyebabkan rendahnya pendapatan yang diterima peternak. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada mitra bagaimana cara mengolah susu segar menjadi yogurt (susu fermentasi) dengan berbagai varian rasa yang disukai konsumen. 

Keyword : yogurt, susu sapi, strategi pemasaran


Full Text:

PDF


Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.