Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting, Menempel dan Mewarnai di RA Nur Hadijah Desa Pangirkiran

Jil Carissa Pangumbanan Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran kreativitas anak melalui kegiatan menggunting, menempel, dan mewarnai. Perencanaan pembelajaran dimulai dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), yang disesuaikan dengan tema dan kebutuhan pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, metode ini melibatkan anak dalam kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas, keterampilan motorik halus, konsentrasi, kemampuan bahasa, dan kepercayaan diri. Evaluasi dilakukan untuk menilai perkembangan anak berdasarkan indikator kreativitas yang meliputi kelancaran dan keluwesan dalam menggambar dan mengkombinasikan warna. Meskipun sebagian anak belum mencapai hasil yang optimal, pembelajaran ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkembang dengan bimbingan dari guru. Komunikasi yang baik antara guru dan orang tua juga berperan penting dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran ini.


Keywords


Kreativitas, anak, menggunting, menempel, mewarnai.

Full Text:

PDF

References


Afrilyani, F. M. (2023). “The Influence of Mozaic Techniques On Development Fine Motor In Children Aged 3-4 Years In Early Childhood Education Programs (ECEP) Family Planning (FP) Pancasila Serang Banten July Period 2022”. International Journal of Health and Pharmaceutical (IJHP), 700.

Ahmad Susanto. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Aisyah. 2014. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tangerang: UT.

Anon. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan.

Fakhriyani, Diana Vidya. 2016. “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini.”Wacana Didaktika: Jurnal Pemikiran Penelitian Pendiidkan Dan Sains4(2). doi: https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200.

Febriana Budiarti dkk. Jurnal Analis Pembelajaran Sentra Bahan Alam untuk Mengembangkan Kreativitas Menempel Anak Usia 5-6 Tahun. Pontinak, FKIP UNTAN.

Halimatus Sahdiyah. Skripsi. 2013. Meningkatkan Motork Halus Melalui

Kegiatan Menggunting dan Menempel pada Anak Kelompok B1 di TK ABA

Karangbendo Banguntapan Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.

Harfiani, R., & Setiawan, H. R. (2019). Model Penilaian Pembelajaran Di Paud Inklusif. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 5(2), 235–243. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/6473

Ida Arsani Dewi, dkk. 2015. Penerapan Metode Proyek Melalui Kegiatan 3M

Untutk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok A TK Negeri Pembina.

Jurnal PGPAUD Universitas Pendidikan Ganesha.

Isenberg, Joan P. dan Jalongo, Mary Renck. (1993). Creative Expression And Play in the Early Childhood Curriculum. New York: Macmillan Publishing Company.

Lisdarlia & salwiah. 2018. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai, Menggunting, Menempel (3M) di TK Mekar Indah Kota Kendari. Alumni & Dosen Jurusan PG. PAUD, Universitas Hau Oleo.

Mulyanti, S., & Sukmawijaya, A. A. 2013. Meningkatkan Kreativitas Pada Anak. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan.

Masganti Sit, dkk. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.

Noor, Juliansyah. 2017. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. 7th ed. Jakarta: Kencana.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 20(1), 75–94

Rachmawati, Y. & Kurniati, E. (2010). Strategi pengembangan kreativitas pada anak usia taman kanak-kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Rahimah, Maghfhirah, S., & Jf, N. Z. (2020). Pengukuran Kreativitas Melalui Teknik Non Tes dalam Pengukuran Kreativitas (Study Pendidikan Anak Usia Dini). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN ISLAM DAN SOSIAL HUMANIORA, 15–25.

Santoso, Soegeng. 2005. “Dasar-dasar Pendidikan TK”. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2018). Kreativitas Pembuatan Media Pembelajaran Big Book Pada Guru-Guru RA Di Kecamatan Medan Maimun. Jurnal Prodik (Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 1–10. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas/article/view/2514

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suwendra, I. Wayan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan Dan Keagamaan. Badung: Nilacakra.




DOI: https://doi.org/10.30596/al-hanif.v4i2.17601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

 

Al-Hanif (Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting)

Alamat Redaksi:  Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mucktar Basri No.3 Medan

Situs web:  http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF/index

Email:  alhanif@umsu.ac.id