Meningkatkan Minat Belajar Mengenal Huruf, Angka, Warna dan Bentuk Pada Anak Usia 4-6 Tahun Melalui APE Di Yayasan RA Al-Hikmah Mandala
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan meningkatkan minat belajar anak dalam mengenal huruf, angka, warna dan bentuk pada anak usia 4-6 tahun melalui APE di Yayasan RA Al-Hikmah Mandala, kec. Medan Denai, Kel. Tegal Sari mandala II, Kota Medan Sumatera Utara. Penelitian yang dilakukan menggunakan Peneltian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode observasi. Data yang diperoleh dari hasil observasi atau pengamatan pada peneltian ini menggunakan instrumen berupa check list. Pada instrumen peneltian check list menggunakan BB, MB, BSH, BSB. Penyajian data dalam penelitian ini dianalisis dalam bentuk tabel yang diambil dari data sekolah. Dari hasil observasi pada siklus 1 dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdapat 52% dalam kegiatan membaca huruf vocal dan huruf abjad, 64% dalam kegiatan mengelompokkan benda sesuai warna, 46% dalam kegiatan menyebutkan angka 1-10, dan 57% dalam kegiatan mengenal bentuk-bentuk geometri yang ia lihat. Peningkatan minat belajar mengenal huruf, angka, warna dan bentuk di Yayasan RA Al-Hikmah Mandala berkembang dengan signifikan pada siklus kedua yaitu 93% dalam kegiatan membaca huruf vocal dan huruf abjad, 92% dalam kegiatan mengelompokkan benda sesuai warna, 88% dalam kegiatan menyebutkan angka 1-10, 93% dalam kegiatan mengenal bentukbentuk geometri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chrystanti & Sukadi (2012). Pembangunan Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka untuk Taman Kanak-Kanak.
Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Darniyanti, Z. (2018). Peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A melalui media audio visual di PAUD Pertiwi Ngaruaru Banyudono Boyolali, Surakarta.
Hernia, Hesti, 2016. Kemampuan mengenal warna pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK segugus III Kec. Panjatan kab. Kulon Progo.
Khadijah, & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini “Teori dan Strateginya.” CV. Merdeka Kreasi Group (Anggota IKAPI).
Nazar M, 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BPFE.
Rahayuningsih, S. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain system pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Meia Group.
Santrock, John W. (2007), Perkembangan Anak. Jilid I Edisi Kesebelas, Jakarta: PT. Erlangga.
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Susanto. Ahmad, 2012, Perkembangan Anak Usia Dini: Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.30596/al-hanif.v4i2.21435
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Hanif (Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting)
Alamat Redaksi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mucktar Basri No.3 Medan
Situs web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF/index
Email: alhanif@umsu.ac.id