Peran Orang Tua Bekerja Terhadap Kemandirian Anak di TK Khadijah Wonorejo Rungkut Surabaya (Studi Kasus)

Shofiyatul Maghfiroh, Mukhoiyaroh -

Abstract


Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua terhadap kemandirian anak melalui kegiatan sehari-hari dimulai dari hal-hal kecil seperti memakai baju sendiri, makan tanpa disuapi, berani mengungkapkan ide, merapikan tempat tidur sendiri, bertanggung jawab terhadap tindakan, percaya diri untuk maju, melakukan kegiatan sendiri tanpa pengawasan orang tua. kemandirian pada anak usia dini ditandai dengan kemampuan anak untuk memilih sendiri, berkreasi, berinisiatif, mengatur tingkah laku, bertanggung jawab, dapat menahan diri, mengambil keputusan sendiri, dan mampu mengatasi masalah tanpa pengaruh dari orang lain. Salah satu kualitas yang harus dimiliki dan tertanam dalam diri anak sejak dini adalah kemandirian. Seorang anak dapat mengembangkan kemandirian di dalam keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan upaya orang tua yang bekerja dalam membantu anak menjadi mandiri melalui kegiatan sehari-hari baik di dalam maupun di luar rumah yang tidak melibatkan orang dewasa. Dengan menggunakan metodologi studi kasus, pendekatan penelitian kualitatif digunakan. Wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Orang tua dan anak-anak yang sekolah di TK Khadijah Wonorejo yang menjadi sumber data dalam penelitian ini.

Keywords


Peran orang tua, kemandirian anak

Full Text:

PDF

References


Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.

Daviq Chairilsyah. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 88–98. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351

Dewi, N. F. K., & Putri, D. R. (2020). Peranan Ibu Bekerja Dalam Menenamkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 12–21.

Fitriani, R., & Rohita, R. (2019). Penanaman Kemandirian Anak Melalui Pembelajaran Di Sentra Balok. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(1), 290124.

Kamiil Karima (2022). Perbedaan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Berdasarkan Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja di TK Islam Al-Muttaqin Kota Jambi.

Laloan, M. M., Ismanto, A. Y., & Bataha, Y. (2018). Perbedaan perkembangan anak usia toddler (1-3 tahun) antara ibu bekerja dan tidak bekerja di wilayah kerja posyandu puskesmas kawangkoan. Jurnal Keperawatan, 6(1).

Malik, L. R., Kartika, A. D. A., & Saugi, W. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(1), 97–109.

Sa’Diyah, R. (2017). Pentingnya melatih kemandirian anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46.

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57.

Syaiful, Y., Fatmawati, L., & Nafisah, W. M. (2020). Faktor yang berhubungan dengan kemandirian anak usia pra sekolah. Journals of Ners Community, 11(2), 216–227.




DOI: https://doi.org/10.30596/al-hanif.v4i2.21800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

 

Al-Hanif (Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting)

Alamat Redaksi:  Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mucktar Basri No.3 Medan

Situs web:  http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF/index

Email:  alhanif@umsu.ac.id