Eksistensi Brand Ambassador Sebagai Penarik Peminat E-Commerce Dalam Unit Usaha Kuliner

Indi Widya Sari, Nikmatul Maula Pulungan, Muhammad Qomaruz Zaman, Purnama Ramadani Silalahi

Abstract


Diera serba digital saat ini produsen ikut ambil bagian dalam penggunaan e-commerce untuk memasarkan produknya. Dalam persaingan yang semakin ketat maka competitor wajib memiliki ciri khas dalam mempromosikan produknya, selain itu juga dalam hal pemasaran. Banyak pesaing menghadirkan influencer sebagai brand ambassador dari berbagai kalangan yang memiliki pengikut di media social lebih banyak untuk mempromosikan kepada media social yang digunakan sebagai perantara dalam hal promosi untuk ke berbagai daerah. Salah satunya perusahaan yang menggunakan Brand ambassador menjadikan Choi Siwon sebagai Brand Ambasador dari perusahaan PT. Wings Food. perusahaan dengan Brand Ambassador memiliki jangka waktu dalam keterikatan dan kontrak kerja. Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui eksistensi seorang brand ambassador untuk penarik pengguna e-commerce dalam unit usaha kuliner. Peneliti menggunakan metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif berupa data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara dianalisis secara deskriptif kepada 3 narasumber pengguna e-commerce secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya eksistensi Brand Ambassador di media promosi memberikan pengaruh final terhadap keputusan membeli makanan tersebut atau tidak bukan berdasarkan review dari seorang brand ambassador terhadap produk makanan untuk dapat mempengaruhi keputusan membeli produk makanan tersebut. Sebagaimana eksistensi seorang Brand Ambassador menyampaikan pesan dari produk makanan tersebut menjadi faktor penentu calon konsumen membeli makanan tersebut.


Keywords


E-commerce, Brand Ambassador, Kuliner

Full Text:

PDF

References


Usaha yang Bergerak di Bidang Makanan Disebut Apa? (2021, November 2). Dipetik November 28, 2022, dari Kumparan.com: https://kumparan.com/kabar-harian/usaha-yang-bergerak-di-bidang-makanan-disebut-apa-1wqC89ZZVEd/full

Ananda. (t.thn.). Brand Ambassador: Pengertian, Jenis, Tugas, serta Manfaatnya. Dipetik November 28, 2022, dari Gramedia Blog: https://www.gramedia.com/literasi/brand-ambassador-adalah/

CNN Indonesia. (2021, November 12). 88,1 Persen Pengguna Internet Belanja dengan E-Commerce. Dipetik Desember 26, 2022, dari CNN Indonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211111123945-78-719672/881-persen-pengguna-internet-belanja-dengan-e-commerce

Endaryono, b. t. (2021). pengaruh biaya pemasaran, omzet penjualan terhadap laba perusahaan. (p. ariwibowo, Penyunt.) reslaj: religion education social laa roiba journal, 3(1), 124-134.

Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2021). DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI: BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 32.

Febrian, R., & Khairusy, M. A. (2020). ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSER/ BRAND AMBASADOR, HARGA DAN DESAIN PRODUK YANG DIMEDIASI OLEH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ONLINE SHOP SHOPEE. Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 96.

Harian, K. (2021, November 2). Usaha yang Bergerak di Bidang Makanan Disebut Apa? Dipetik November 28, 2022, dari Kumparan.com: https://kumparan.com/kabar-harian/usaha-yang-bergerak-di-bidang-makanan-disebut-apa-1wqC89ZZVEd/full

Idris, M. (2022, Agustus 14). Pengertian E-commerce dan Bedanya dengan Marketplace. Dipetik November 28, 2022, dari Kompas.com: https://money.kompas.com/read/2021/09/11/191943626/pengertian-e-commerce-dan-bedanya-dengan-marketplace?page=all

indriningtiyas, D. (2022, Desember). brand ambasador artis korea pada e-commerce di indonesia. Perspektif komunikasi: jurnal ilmu komunikasi politik dan komunikasi bisnis, 6(2), 219-230.

Iswanto, A. F. (2021). PENGARUH PERBEDAAN KARAKTERISTIK BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RUANGGURU. Jurnal Ilmu Manajemen, 383.

Mistianingrum, D., & Dermawan, R. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Tagline Iklan Terhadap Brand Awareness Pada Produk Mie Sedaap Di Hypermart Lippo Plaza Sidoarjo. MSEJ: Management Studies and Entrepreneurship Journal, 2293.

Natalia, S., & Rumamb, L. J. (2013). ANALISA PREDIKSI / PENILAI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SELEBRITIS SEBAGAI BRAND ENDORSER UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE (STUDI KASUS IKLAN THE FACE SHOP). JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN PETRA, 2.

Nyoman Udayana, I. B., & Octavian, P. (2022). Pengaruh NCT Dream sebagai Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Perilaku Impulse Buying pada Produk Mie Instan Lemonilo. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 875.

Solikhah, F. R. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR ARTIS AMANDA MANOPO DAN ARYA SALOKA TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN MELALUI PERSEPSI RISIKO PADA IKLAN (STUDI PADA SHOPEE INDONESIA). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi dan Pendidikan, 1130.




DOI: https://doi.org/10.30596/almuhtarifin.v2i1.13077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.