Analisis Efektivitas Zakat Produktif Dalam Program Beasiswa Pendidikan Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus Pada Rumah Zakat Kota Medan)

Dara Puspa Indah, Selamat Pohan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Efektivitas  Zakat  Produktif Dalam Program Beasiswa Pendidikan Anak Sekolah Dasar Pada Rumah Zakat Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan jenis data metode deskriptif, yaitu metode yang memandu peneliti untuk mengeksplorasi dan memotret situasi yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam. Dalam penelitian kualitatif ini metode yang biasa digunakan adalah wawancara, pengamatan dan pemanfaatan dokumen. Objek pada penelitian ini adalah Korwil, Mentor dan staff Rumah Zakat. Penelitian kualitatif ini menggunakan pertanyaan  kepada objek penelitian dengan mendapatkan data ataupun informasi melalui wawancara.

Penelitian ini dilakukan di Rumah Zakat Kota Medan Jalan Setia Budi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyaluran bantuan sudah lakukan disetiap bulannya secara rutin. Bantuan dana yang diberikan berjumlah sama disetiap penyalurannya. Jumlah dana yang disalurkan disesuaikan dengan jenjang pendidikan mustahik. Pemberian bantuan dana ini juga melaksanakan pembinaan rutin setiap bulannya, agar terarahnya alokasi bantuan yang diberikan. Bantuan yang diberikan merupakan bantuan produktif bukan konsumtif. Pengaruh dari bantuan dana zakat ini sangat baik untuk keluarga yang kurang mampu, mereka mampu memberikan pendidikan yang layak dan berkembang baik. Hal ini menunjukan bahwa bantuan dana zakat dalam program beasiswa pendidikan pada Rumah Zakat Kota Medan yang diberikan setiap sangat produktif dan bermanfaat. Mustahik di program pendidikan ini setiap bulannya mengalami peningkatan dan perkembangan yang sangat baik.

 


Keywords


Effectiveness, Productive Zakat Fund, Scholarship

Full Text:

PDF

References


Bara, A. L., & Pradesyah, R. (2020). Analysis Of The Management Of Productive Zakat At The Muhammadiyah, City Of Medan. Proceeding International Seminar of …, 1, 617–623. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/4196

Fahruddin. (2008). Fiqh Dan Manajemen Zakat Indonesia (1st ed.). UIN Malang Press.

Hidayat, R. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Murid Berprestasi dengan Metode Simple Additive Weighting. 7(2), 2–5.

Indri, F. Z., & Putra, G. H. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Konsentrasi Pasar Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2020. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(2), 01–17.

Joyce M. Hawkins. (1996). Kamus Dwi Bahasa Inggris-Indonesia. Erlangga.

Marietza, F., & Agesty, F. (2023). PENERAPAN PETA STRATEGI DAN BALANCE SCORECARD. 4(1).

Muhammad Fu’ad Abdul Baqi. (2000). Al-Lu’lu Wal Marjan 1.

Mursyidi. (2006). Akuntansi Zakat Kontemporer. PT. Remaja Rosdakarya.

Qardhawi, Y. (2005). Spektrum Zakat dalam Membangun Ekonomi Kerakyatan. Zikrul.

Saeful, A. (2019). Konsep Zakat Produktif Berbasis Masjid. Syar’ie, 1–17.

Sistem, J., Fakultas, I., Komputer, I., & Sriwijaya, U. (2011). Fuzzy Multiple Attribute Decision Making ( Fuzzy. 3(1), 286–293.

Utomo, P. (2011). Analisis Kontribusi Pemberian Beasiswa terhadap Peningkatan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan UNY, 20(1), 67–87.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.