Analisis Strategi Pengembangan Usaha Jamur Tiram Putih (Pleurotusostreatus) (Studi Kasus: Nasabah Pembiayaan Pada BSI di Kabupaten Langkat)

Raja Sakti Putra Harahap, Silvia Amelia

Abstract


Jamur tiram putih adalah salah satu jenis jamur yang paling populer dan banyak dikonsumsi masyarakat, sementara usaha jamur tiram putih bapak Suherman belum bisa memenuhi permintaan pelanggannya. Peneliti menganggap usaha jamur tiram putih milik bapak Suherman perlu untuk dikembangkan dengan menciptakan strategi-strategi alternatif dengan memperhatikan faktor-faktor yang terdapat dalam usaha jamur tiram putih bapak Suherman di desa Kwala Begumit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha jamur tiram putih melalui analisis SWOT di Desa Kwala Begumit Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari strategi, pengembangan usaha, strategi pengembangan usaha dalam bisnis jamur tiram putih, analisis SWOT, dan strategi penerapan analisis SWOT pada usaha jamur tiram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui dokumentasi, wawancara.


Keywords


Analisis SWOT, Pengembangan Usaha, Strategi

Full Text:

PDF

References


Harahap, R. S. P. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada Tabungan Mudharabah Di Bank Muamalat Cabang Balai Kota Medan. Al-QASDS, VOL.1NO1, 24.

Muhammad, S. (2008). manajemen strategik : konsep dan kasus. sekolah tinggi ilmu manajemen YKPN.

Nasution, M. L. I. (2018). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. In FEBI UIN-SU Press.

Nawawi, Z. M. (2006). Kewirausahaan islam (cetakan pe).

Noviearty, L., Berliani, T., & Setiawan. (2020). Manajemen Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan. Equity In Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.37304/eej.v2i1.1687

Solihin, I. (2012). Manajemen Strategi. erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.