Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Keputusan Jual Beli Emas Di Pegadaian Syariah Kota Pontianak
Abstract
Minat dikenal sebagai kecenderungan untuk membeli atau memkai produk/jasa yang diukur dengan tingkat kemampuan atau penyesuaian dengan kebutuhannya, hal ini membuktikan bahwa minat sangat penting dalam pegadaian syariah salah satu nya yaitu minat nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat nasabah terhadap keputusan jual beli emas di pegadaian syariah kota Pontianak. Jenis penelitian yang dilakukan penulis dengan menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini purposive sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer. Hasil penelitian diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap keputusan jual beli emas di pegadaian syariah kota Pontianak yaitu faktor psikologis dengan nilai t-statistik 2.086 dan p value 0.037 ada pun faktor yang tidak mempengaruhi minat nasabah terhadap keputusan jual beli emas di pegadian syariah yaitu faktor pelayana dengan nilai t-statistik sebesar 1.930 dan nilai p-values sebesar 0.054. dan faktor marketing mix mempunyai nilai t-statistik sebesar 0.159 dan nilai p-values sebesar 0.874, dengan jumlah keseluruhan responden 138.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andespa, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah. Al Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan. Vol. 2 No. 1
Kotler, P, & Armstrong, G. (2011). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education.
Lopiyoadi & Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Nurhayati, N (2023). Analisis Perilaku Nasabah Dalam Pembelian Produk Emas Pada PT. Pegadaian (Persero) UPS Syari’ah Binjai. JEKSya: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 02, No. 01.
Hamdani, A. N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah Indonesia Sudirman Kc Tulungagung. Skripsi. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Rianto, N, Al Arif, M. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sangadji, E. M & Sopiah (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.