Peningkatan Kualitas Pembelajaran Anatomi Melalui Online Learning Pada Sistem Saraf Pusat (Encephalon)

Ulfah ulfah

Abstract


Covid 19 mempengaruhi proses belajar mengajar pada program studi kedokteran karena belum optimalnya pembelajaran anatomi melalui online learning. Tujuan: untuk mengembangkan bahan ajar anatomi pada materi Sistem Saraf Pusat (Encephalon) yang dapat dijadikan pedoman mahasiwa saat proses pembelajaran. Metode: Bahan ajar dikembangkan melalui diskusi pakar dan pengkajian pada mahasiswa program studi kedokteran. Hasil Penelitian: Hasil post test menunjukkan dari 156 mahasiswa memperoleh nilai diatas 60 (Nilai > 60) adalah 96 % dari total mahasiswa yang mengikuti post test. Kemudian, adanya 77 % (120 orang) mahasiswa mendapatkan nilai sempurna 100. Kesimpulan: Melalui angket respon dan menerima feedback untuk penyempurnaan bahan ajar pada proses evaluasi dan monitoring dengan melakukan post test, mahasiswa dapat lebih mudah mengetahui dan memahami capaian pembelajaran mata kuliah anatomi.

Kata Kunci: Anatomi, online learning, program studi kedokteran, Sistem Saraf Pusat



Keywords


Anatomi, online learning, program studi kedokteran, Sistem Saraf Pusat

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia NomorHk.01.07/Menkes/104/2020 Tentang Penetapan Infeksi Novel Coronavirus (Infeksi 2019-Ncov). 2020 p. 712.

Nugraha ZS, Khadafianto F, Fidianingsih I. Refleksi Pembelajaran Anatomi pada Mahasiswa Kedokteran Fase Ketiga melalui Applied and Clinical Question. Refleks Pembelajaran Inov. 2019;1(1):217.

Retnani AD, Akper D, Manggala H, Jakata H. Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Media Online Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi. J Ilm Keperawatan Altruistik. 2022;5(1):1622.

Akhmadi A. Distance Training Evaluation in Pandemy. Inovasi [Internet]. 2020;14(2):13644. Available from: https://scholar.google.co.id/citation

Aritonang IB, Martin R, Akbar W. Peran Model Pembelajaran Blanded Learning Dalam Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar PPKN di Kelas V UPTD SPF SDN Teluk Rumbia. J Kependidikan. 2021;1(1):114.

Waidah ZB, Sawitri S. Pengembangan Modul Elektronik Dasar Desain Sebagai Bantuan Belajar Secara Mandiri Untuk Kelas X Smk Widya Praja Ungaran. Fash Fash Educ J [Internet]. 2020;9(1):10510. Available from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ffe/article/view/35269

Usman T, Sofyan H. Peningkatan Mutu Pembelajaran Teknologi Pengecatan Melalui Metode Jigsaw. J Pendidik Teknol dan Kejuru. 2014;22(1):8998.

Owolabi J, Bekele A. Implementation of innovative educational technologies in teaching of anatomy and basic medical sciences during the covid-19 pandemic in a developing country: The covid-19 silver lining? Adv Med Educ Pract. 2021;12(April):61925.

Prabhath S, DSouza A, Pandey AK, Pandey AK, Prasanna LC. Changing paradigms in anatomy teaching-learning during a pandemic: Modification of curricular delivery based on student perspectives. J Taibah Univ Med Sci [Internet]. 2021;Oktober:120. Available from: https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2021.10.014




DOI: https://doi.org/10.30596/amj.v5i3.10304

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/amj.v5i3.10304.g8374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kedokteran Anatomica/ Anatomica Medical Journal (AMJ)

Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
Kampus 1 Lantai II Laboratorium Anatomi
Jl. Gedung Arca No 53 Medan-Sumatera Utara, Indonesia.
E-mail: amj_fk@umsu.ac.id || Editorial Contact: 081375150018

Creative Commons License

This work is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.