Praktikum Daring dan Luring Dalam Pencapaian Pemahaman Anatomi Sistem Pencernaan: A Cross Sectional Study

Reza Setyo Baskoro, Siti Munawaroh, Yunia Hastami, Nanang Wiyono

Abstract


Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini secara signifikan mempengaruhi pendidikan di seluruh dunia. Hal ini menyebabkan beberapa fakultas kedokteran di Indonesia menerapkan dua metode praktikum yaitu praktikum daring dan luring selama pembelajaran anatomi sistem pencernaan. Hal ini menjadi tantangan bagi pengajar agar tetap mempertahankan kualitas belajar antara kelompok praktikum daring dan luring. Tujuan: mengetahui perbedaan hasil belajar antara praktikum daring dan luring. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik untuk mengetahui perbedaan dua kelompok yang diteliti. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Besar sampel yaitu 80 mahasiswa yang terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu 40 mahasiswa kelompok daring dan 40 mahasiswa kelompok luring. Data yang digunakan adalah nilai pretest dan nilai responsi praktikum serta data pendukung atas perolehan hasil belajar berdasar melalui kuesioner. Data nilai pretest dan responsi praktikum dianalisis menggunakan aplikasi SPSS dengan Uji T Tidak Berpasangan.Hasil: Tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik baik dari nilai pretest dan nilai responsi antara kelompok daring dan kelompok luring. Kelompok daring memiliki nilai rerata pretest sebesar 59,36 dan responsi sebesar 63,6. Sedangkan, kelompok luring memiliki nilai rerata pretest sebesar 60,38 dan responsi sebesar 67,6.  Berdasarkan hasil uji t tidak berpasangan (α≥0,05) didapatkan hasil statistik nilai pretest dan nilai responsi kedua kelompok berturut-turut sebesar 0,782 dan 0,489. Kesimpulan: Tidak terdapat adanya perbedaan baik pada nilai pretest dan nilai responsi antara kelompok daring dan luring.

Kata Kunci: pembelajaran, daring, luring, anatomi, sistem pencernaan


Full Text:

PDF

References


Yoo H, Kim D, Lee YM, Rhyu IJ. Adaptations in Anatomy Education during COVID-19. J Korean Med Sci. 2021 Jan 1;36(1):1–12.

Nasution WN. Strategi Pembelajaran. Pertama. Daulay A, editor. Medan: Perdana Mulya Sarana. 2017.

Kurniasih MD. Analisis Miskonsepsi Mahasiswa dengan Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) Pada Materi Anatomi Tubuh Manusia. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. 2017;5(1):1–11.

Pratama RE, Mulyati S. Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia. 2020 Dec 2;1(2):49.

Wayan I, Santika E, Studi P, Pancasila P, Kewarganegaraan D. Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal. 2020;3(1):8–19.

Ekantini A, Sunan U, Yogyakarta K. Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah. 2020 Nov;5(2):187–93.

Eizenberg N. Anatomy and its impact on medicine: Will it continue? Vol. 8, Australasian Medical Journal. Australasian Medical Journal Pty Ltd; 2015: 373–7.

Singal A, Bansal A, Chaudhary P, Singh H, Patra A. Anatomy education of medical and dental students during COVID-19 pandemic: a reality check. Surgical and Radiologic Anatomy. 2021 Apr 1;43(4):515–21.

Nugraha ZS, Khadafianto F, Fidianingsih I. Refleksi Pembelajaran Anatomi pada Mahasiswa Kedokteran Fase Ketiga melalui Applied and Clinical Question. Refleksi Pembelajaran Inovatif. 2019 Jan 12;1(1):21–7.

Mertajaya M, St S, Kes M, Anggraini NY, Kep S, Kep M, et al. Modul Ilmu Biomedik Dasar. Jakarta: Program Studi Diploma Tiga Keperawatam Fakultas Vokasi Universitas Kristen Indonesia. 2019.

Treuting PM, Arends MJ, Dintzis SM. Upper Gastrointestinal Tract. In: Comparative Anatomy and Histology [Internet]. Elsevier. 2018: 191–211. Available from: https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/B9780128029008000117

Hapnita W, Abdullah R, Gusmareta Y, Rizal F. Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. Journal of Civil Engineering & Vocational Education. 2018 Mar;5(1):2175–82.

Bączek M, Zagańczyk-Bączek M, Szpringer M, Jaroszyński A, Wożakowska-Kapłon B. Students’ perception of online learning during the COVID-19 pandemic: A survey study of Polish medical students. Medicine. 2021 Feb 19;100(7):e24821.

Agustini D, Hadiwiardjo YH, Heristyorini A. Analisa Perbandingan Metode Pembelajaran dengan Hasil Capaian Pembelajaran Praktikum Anatomi Dermatomuskuloskeletal Mahasiswa FK UPN Veteran Jakarta. Seri Seminar Nasional Ke-III Universitas Tarumanagara Tahun 2021 Nilai Budaya Indigenous Sebagai Pendukung Sustainable Development di Era Industri 40. 2021 Dec: 543–8.

Emda A. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 2017;5(2):93–196.

Nengrum TA, Pettasolong N, Nuriman M. Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan. 2021 Mar 1;30(1):1.

Abd Muis A, Jed Ahmad Yani Km J, Parepare Sulawesi Selatan Maryam K, Studi Pendidikan Agama Islam P, Muhammadiyah Parepare Jl Jed Ahmad Yani Km U, Parepare Sulawesi Selatan K. Efektivitas Metode Belajar Mandiri Terhadap Perkembangan Kreatifitas Berpikir Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 8 Enrekang. Al-Ibrah. 2020 Mar 1;9:108–25.




DOI: https://doi.org/10.30596/amj.v6i2.14427

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/amj.v6i2.14427.g9535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kedokteran Anatomica/ Anatomica Medical Journal (AMJ)

Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
Kampus 1 Lantai II Laboratorium Anatomi
Jl. Gedung Arca No 53 Medan-Sumatera Utara, Indonesia.
E-mail: amj_fk@umsu.ac.id || Editorial Contact: 081375150018

Creative Commons License

This work is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.