KAJIAN PRAGMATIK: PENGGUNAAN DAN PENYIMPANGAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM UNGGAHAN SELASAR MAK BETI

Nurul Huda, Lisa Septia Dewi Br. Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan dan penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam unggahan video akun selasar Mak Beti kajian pragmatik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan penelitian analisis kebahasaan. Penelitian deskriptif adalah metode penelitian yang memfokuskan pada hasil data berupa deskripsi ataupun gambaran terhadap objek yang akan diteliti melalui data yang telah dikumpulkan terlebih dahulu tanpa adanya analisis dan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari akun selasar milik Mak Beti dalam beberapa postingan video yang diunggah, diambil dari dua judul Wak Selo Bikin Wak Keling Gilak dan Kejutan dari Martha. Pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan teknik simak dan catat serta mendokumentasikannya dalam bentuk tangkapan layar. Penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa sebanyak 61 tuturan, yang terdiri dari penyimpangan maksim kebijaksanaan, penyimpangan maksim penerimaan, penyimpangan maksim kerendahan hati, penyimpangan maksim kesepakatan, penyimpangan maksim simpati, dan penyimpangan maksim kedermawanan. Penyimpangan Prinsip kesantunan yang paling banyak disimpangkan adalah maksim Kebijaksanaan yaitu sebanyak 11 kali.

Keywords


penggunaan, penyimpangan, kesantunan berbahasa

Full Text:

PDF

References


Ahyar, H. dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu. (Issue March).

Azwardi. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode Penelitian, 2234.

Brogan, Chris. (2010) Sosial Media 101: Tactics and Tips to Develop your Business Online: Jhon Wiley &Sons.

Doko, Y, D., Bu Diari, I, W., & Umiyati, M. (2017). Kesantunan Berbahasa dalam Kumpulan Cerita Rakyat Nusa Tenggara Timur: Retrorika: Jurnal Ilmu Bahasa, 3 (1), 159-169.

Febriasari, O., & Wijayanti, W. (2018). Kesantunan Berbahaa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Kredo, 1 (2), 140-156).

Gunawan, I. (2017). Metode Penulisan Kualitatif Teori dan Praktik: Jakarta: PT Bumu Aksara.

Irawan, Astrika. (2021). Analisis Penggunaan Dan Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa Pada Pesan Singkat Di Telegram: Kajian Pragmatik. Skirpsi. Program Sarjanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.

Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26). In Bandung: CV Alfabeta.

Yenni, E., Yusrianti, & Sari. A.W. (2018). Pola Pengajaran Kesantunan Berbahasa di Lingkungan Keluarga. Junral Tarbiyah, 25 (1) 40-60.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v3i2.11526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: