MAKNA SIMBOLIK MAKAN NASI ADAP-ADAPAN PADA ACARA ADAT MELAYU KABUPATEN BATUBARA-SUMATERA UTARA

Sarmila Suhita Devi Damanik, Mutia Febriyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan makna simbolik makan nasi adap-adapan pada acara adat Melayu kabupaten Batubara-Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui teknik wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap model yakni reduksi data, penyajian dan verifikasi data. Adapun penelitian dilaksanakan di Desa Pahang, kecamatan Palawi kabupaten Batu Bara provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tradisi makan nasi adap-adapan pada acara adat Melayu kabupaten Batubara yang dilangsungkan dalam adat perkawinan terdapat simbol non verbal yang dirangkai dalam acara makan nasi adap-adapan tersebut. Selain itu, terdapat nilai filosofi hidup masyarakat Melayu. Komunikasi simbolik yang terjadi pada prosesi pernikahan adat Melayu dengan membentuk simbol maupun lambang-lambang yang ada seperti simbol duduk pengantin, hidangan, juru bicara, tata letak makanan, jenis makanan, duduk tamu, makan bersama, dan lain sebagainya. Makna dari prosesi tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam manusia sebagai insan dapat mengenal dua karakter berbeda dalam pasangan berumah tangga. Prosesi ini memberikan dampak positif terhadap kedua mempelai agar menjadi keluarga yang harmonis, berperilaku baik, beragama, beradat, sopan dan santun kepada orang tua dan keluarga serta hidup sederhana, rukun, dan damai.

Keywords


Makna Simbolik, Makan Nasi Adap-adapan, Tradisi Melayu, Kabupaten Batubara

Full Text:

PDF

References


Alex Sobur. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ardianto, Elvinaro, dkk. 2007. Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Azhari, Ichwan dan Khairuddin. 2017. Identitas Etnik Melayu Batubara. Jurnal Antropologi Sumatera Tahun 2017 No. 1 Vol. 15 hal. 241-251. Sumatera Utara

Bungin, Burhan. 2009. Analisis Penelitian Data Kualitatif.Jakarta: Raja Grafindo.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta:Erlangga.

Kuntowijoyo.(2006). Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: TiaraWacana.

Morissan. 2013.Teori komunikasi : individu hingga massa. Jakarta :Kencana.

Santoso, Singgih. 2000.Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT ElexMedia Komputindo.

Sinar, TS. 2011. Kearifan Lokal Berpantun Dalam Perkawinan Adat Batubara. Medan: USU.

Susanto Eko Harry, (2010) Komunikasi Manusia Esensi dan Aplikasi dalam Dinamika Sosial Ekonomi Politik, Edisi. I, (Jakarta: Mitra Wacana Media), h. 6-12.

West Richard dan Lynn H. Turner, 2008, Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi, Buku 1 edisi ke-3 Terjemahan Maria Nathalia Damayanti Maer, Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v3i2.11568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahterasia Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is abstracting & indexing in the following databases: