KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM POSSING PADA SISWA KELAS X SMAS NURHASANAH MEDAN

Siti Zainaf, Abdullah Hasibuan

Abstract


Peningkatan keterampilan menulis anekdot melalui penerapan model pembelajaran problem possing pada siswa kelas X SMAS NURHASANAH. Manfaat dari penelitian ini adalah model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis anekdot siswa kelas X SMAS NURHASANAH Medan, dibimbing, rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas prosedur pelaksanaan Dalam penelitian ini melalui tahapan-tahapan yang meliputi: studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data Penelitian ini berupa data proses dan hasil belajar keterampilan menulis kelas X SMAS NURHASANAH Medan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMAS NURHASANAH Medan, dibimbing Melalui penggunaan tindakan yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem possing dicapai rata-rata hasil observasi Pada siklus 1 yaitu 51% meningkat menjadi 85,3% Pada siklus 2 pembelajaran problem posing dapat melibatkan siswa secara lebih aktif dalam proses pembelajaran hal ini ditunjukkan dari peningkatan aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem possing dalam menulis teks anekdot siswa kelas X SMAS NURHASANAH Medan dapat meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 peningkatan dapat dilihat dari hasil evaluasi siklus 1 sebesar 67% menjadi 91,74 Pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 25%. Sehingga penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan frekuensi keaktifan dan aktivitas dalam proses belajar mengajar sesuai dengan pengamatan siswa selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas cukup 2 siklus. sebagai saran untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa maka diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran problem posing sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Keywords


Menulis anekdot, Problem posing, model pembelajaran

References


Amri,Sofan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustakarya: Jakarta.

Asan, A dan Haliloglu, Z. 2005. Implementing Project Based Learning In Computer Classroom. The Turkish Online Journal of Educational Technology – TOJET, volume4 Issue 3. http://www.tojet.net/articles/ 4310.doc.Diakses 3 Desember 2015 Bandung: Angkasa.

Berenfeld B. (1996). Linking Students to the Info-sphere. Technology Horizon

Buck Institutute for Education. 1999. Project-Based Learning. http://www.bgsu.edu/organizations/etl/proj.html

Cord, 2001. Contextual Learning Resource. http://www.cord.org. Diakses 3 Desember 2015 Enre, Fahruddin Ambo. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Ujungpandang: IKIP.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i2.12516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: