ANALISIS NILAI MORAL DAN NILAI BUDAYA PADA FILM “PENYALIN CAHAYA” KARYA WREGAS BHANUTEJA

Ananda Tiara, Nirmawan Nirmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral dan nilai-nilai budaya yang terdapat dalam film Penyalin Cahaya karya Wregas Bhanuteja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah film Penyalin Cahaya karya Wregas Bhanuteja . Pengumpulan data dilakukan dengan teknik menonton dan catat. Instrumen penelitian kualitatif ini menggunakan instrumen manusia, tepatnya peneliti itu sendiri. Manusia digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data, berdasarkan kriteria-kriteria yang dipahami. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif berarti bahwa penulis melakukan penelitian dengan cara menyeleksi, mengklasifikasi, menafsirkan, dan memaknai data kemudian mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai nilai moral manusia dengan diri sendiri yang meliputi: penuh semangat, percaya diri, dendam, putus asa. Nilai moral manusia dengan manusia lainnya dalam lingkungan social meliputi: persahabatan, kerjasama, penghianatan, bohong, jujur, orang tua-anak, rela berkorban. Nilai budaya yang terdapat dalam film Penyalin Cahaya hanya sekedar memberikan informasi budaya jawa di Indonesia yaitu berupa kebaya dan batik yang digunakan oleh aktor di dalam film namun tidak mengisahkan budaya jawa dalam film Penyalin Cahaya.

Keywords


Film, Nilai Moral, Nilai Budaya

References


Ahyar, H. dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu. (Issue March).

Andri Wicaksono, M. (2014). Pengkajian Prosa Fiksi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Grundhawaca.

Anggraini, Windy.(2020). Pengajaran Sastra. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, http://e-jurnal.unisda.ac.id 6(1), 53-58.

Farid.2017. Pengertian nilai dan kebudayaan menurut para ahli http://faridfirst48.blogspot. com /2017/11/pengertian-nilai-kebudayaan-menurut.html.

Firman, M. (2017). Nilai Moral Dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasrey Basrey. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 50.

Istiqomah, E. (2020). Nilai Budaya Masyarakat Banjar Kalimantan Selatan: Studi Indigenous. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 2,3.

Malik Muqtadir. 2017. Teori analisis datahttps://www.galinesia.com /2017/11/teori- analisis-data-miles-dan-huberman.html.

Mujahidin, Anwar M.Ag.2019. “Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan” Ponorogo: Cv. Nata Karya

Muhammad Zakky. 2014. Macam-macam genre film. https://namafilm.blogspot.com

/2014/07/macam-genre-film.

Nico Rinaldi Saragih, Nico. Nilai Nilai Moral Dalam Film Nobody Knows Karya Sutradara Hirokazu Koreeda Kajian Sosiologi Sastra [Nobody Knows]. Diss. Diponegoro University, 2018.

Ningsih IF. 2017. Nilai Moral dan Nilai Budaya dalam Film So I Married An Anti FanKarya Jin Di Rong (Kajian Sosiologi Sastra). Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Mandarin Universitas Negeri Surabaya

Setyawati, Elyna. "Analisis Nilai Moral Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar (Pendekatan Pragmatik)." Journal of Chemical Information and Modeling 53.9 (2013): 1689-1699.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suryanta, M 2021. “Analisis Isi Pesan Moral Pada Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini Karya Angga Dwimas Sasongko”. Skripsi. Medan: Umsu.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26). In Bandung: CV Alfabeta.

Wahyuni CM. 2018. Analisis Nilai Moral pada Film Kungfu Panda 2. Skripsi. Universitas Sumatera Utara




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i1.14254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: