PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DENGAN APLIKASI POWTOON DALAM MATERI TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 14

Atikah Nabila, Rosmilan Pulungan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2022/2023 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah total sampling. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design dan dilakukan hanya pada satu kelompok tanpa kelompok pembanding. Dalam penelitian ini tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu tes sebelum menerapkan media pembelajaran berbasis video (pre-test) dan tes sesudah menerapkan media pembelajaran berbasis video (post-test). Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video efektif digunakan. Hal ini dilihat dari skor thitung sebesar 15,019 yang selanjutnya dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 1,706 pada taraf signifikan 0,000 dengan kriteria pengujian thitung ≥ ttabel . jadi, hasil yang diperoleh adalah Ho ditolak dan H1 diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video lebih efektif digunakan dari media pembelajaran konvensional. Sebagai saran, diharapkan dapat mencoba menerapkan media pembelajaran berbasis video dalam proses pembelajaran.

Keywords


Menulis, Teks Negosiasi, Pembelajaran berbasis video

References


Anjar. P. A, 2015, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid, DIDAKTIKA, Volume 15 No. 2, h. 156 – 178

Baharuddin. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Sekolah Menengah Kejuruan Terhadap Efektif dan Efisiaensi Pembelajaran, Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Volume 1 No.2, h. 115 – 126

Nurming.S,dkk. 2018. Pemanfaatan QR-Code Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Asing pada Perguruan Tinggi di Indonesia, Seminar Nasional Dies Natalis UNM, hlm. 253-260

Siti Muyaroah & Mega Fajartia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash C6 pada Mata Pelajaran Biologi, IJCET, Volume 6 No. 2, h. 79-83




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i1.14255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: