ANALISIS PSIKOLOGI DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL SELEMBAR ITU BERARTI

Riris Atika Adlan, Nirmawan Nirmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan psikologi dan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Selembar Itu berarti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Subjek penelitian ini novel Selembar Itu Berarti karya. Cara pengumpulan data dilakukan dengan teknik membaca dan tulis. Instrument penelitian kualitatif ini menggunakan instrument manusia, tepatnya peneliti itu sendiri. manusia digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data, berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan psikologi kejiwaan tokoh yang meliputi: kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan nilai-nilai pendidikan karakter pada novel seperti: nilai religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat dalam berbangsa, menghargai prestasi, bersahabat, peduli sosial, bertanggung jawab.

Keywords


Novel, Aspek Kejiwaan Tokoh, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter

References


Ahyar, H. dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu. (Issue March).

Anggraini, Windy.(2020). Pengajaran Sastra. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, http://e-jurnal.unisda.ac.id 6(1), 53-58.

Asfar, A. M. I. T. (2019). Analisis Naratif, Analisis Konten, Analisis Semiotik (Penelitian Kualitatif, January.

Azwardi. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode Penelitian, 22-34.

Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa.

Surakarta: UNS Press&Yuma Pustaka.

Kemendiknas.2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Kinanti, Andayani, dan Suyitno. 2020. “Analisis Psikologi Tokoh Dan Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Amba Karya laksmi Pamuntajak Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Perguruan Tinggi”.

Meloeng, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mujahidin, Anwar M.Ag.2019. “Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan” Ponorogo:Cv. Nata Karya

Mustari, M. 2011. Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksbangPressindo

Rachman, Tahar. 2018. “Kajian Psikologi Tokoh Utama Dalam Novel Jangan Putus Asa Karya Zakiah. D. Aziz”, 6(11), 951-952: 10-27.

Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSTAKA).

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. inJournal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http:/repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif di Bandung Pendidikan.pdf

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26). In Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i1.14256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: