PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI DENGAN TEMA PENDIDIKAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMK TKJ I WIRA KESUMA JAYA NAMORAMBE TAHUN AJARAN 2021/2022

Cintia Shafira Br. Karo Purba, Nirmawan Nirmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar berseri dengan tema pendidikan terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X TKJ 1 SMK TKJ I Wira Kesuma Jaya Namorambe Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK Wira Kesuma Jaya Namorambe. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ 1. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 30 orang yang berasal dari kelas X TKJ 1. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan LKPD menulis cerpen gambar berseri dengan tema pendidikan. Kemudian data dianalisis menggunakan uji - t untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian gambar berseri tema pendidikan terhadap kemampuan menulis cpada siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji - t yang menunjukkan bahwa pada uji jenjang t diperoleh hasil perhitungan dengan skor test awal (pre-test) diperoleh rata-rata skor 58 dengan standar deviasi 14,7. Sedangkan skor (post-test) diperoleh rata-rata 85,6 dengan standar deviasi sebesar 6,94. Artinya, gambaran tingkat kemampuan menulis cerpen kelas X TKJ 1 SMK Wira Kesuma Jaya Namorambe.terlihat dari skor rata-rata siswa sebelum menggunakan gambar berseri tema pendidikan lebih rendah dari pada sesudah menggunakan gambar berseri tema pendidikan dan gambar berseri tema pendidikan memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen kelas X TKJ 1 SMK Wira Kesuma Jaya Namorambe.

Keywords


Gambar Berseri Tema Pendidikan, Kemampuan Menulis Cerpen

References


Ahmad Susanto, 2017. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Kharisma Putra Utama.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. Azhar

Arsyad, 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Aryati, Erni. 2015. Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII di MTS Tarbiyah Islamiyah di Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Diksa, Vol 1, No.2, Desember 2015

Ernawati. 2017. Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Kelas X IIS 4 Man 2 Bengkulu. Manhaj, Vol. 5, Nomor 1, Januari – April 2017

Hadiyanto, 2001. Membudayakan Kebiasaan Menulis. Jakarta : PT. Fikahati Aneska

Halidjah, Siti. 2018. Implementasi Pendekatan Proses Dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. Jurrnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, Vol 1 No 2, Oktober 2017 – Maret 2018.FKIP UNTAN: Pontianak

Qodri, Muhammad Al. 2017. Pembelajaran Menganalisis Teks Cerpen Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI Sma Nasional Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, FKIP UNPAS

Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta:Gama

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian:Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukiman, 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani

Sumardjo, Jacob. 2007. Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Liang Gie, Terampil Mengarang (Yogyakarta : ANDI, 2002)

Rini, Yuli Sectio, 2018 "Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan Proses." Dalam http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dra.%20Yuli%20Sectio%20Rini,%20M.Hum./PENDIDIKAN%20HAKEKAT,%20TUJUAN,%20DAN%20PROSES%20Makalah.pdf,diakses 10 Februari 2022.

Munggaran, Rizky Djati. 2012. Pemanfaatan Open Source Software Pendidikan Oleh Mahasiswa Dalam Rangka Implementasi Undang-undang No.19 Tahun 2002 Tenrang Hak Cipta. Universitas Pendidikan Indonesia

Robertus Angkowo dan A.Kosasih. Optimalisasi Media Pembelajaran, (Jakarta : Grasindo, 2007)




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i1.14257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: