ANALISIS NILAI-NILAI LUHUR DAN MAKNA PERIBAHASA JAWA MASYARAKAT DESA WONOSARI KECAMATAN PANTAI LABU

Anisa Saputri, Lisa Septia Dewi Br. Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai luhur pribahasa jawa yang digunakan masyarakat Desa Wonosari Kecamatan Pantai Labu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari pengamatan langsung bertemu narasumber dan pakar budaya jawa yang mengerti seluk beluk falsafah jawa dengan baik. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi, penyelidikan dokumen, penyebaran mandalam, dan wawancara, serta mendokumentasikannya dalam bentuk foto. Hasil wawancara dengan responden terpilih disebutkan bahwa ada 7 peribahasa Jawa yang berpengaruh dalam kehidupan masyarakat Jawa di desa Wonosari Kecamatan Deli Serdang, yaitu . Alon-alon waton kelakon, gremet-gremet waton selamet, ojo kebat kliwat, Mangan ora mangan, asal kumpul, Anak Polah, Bapa Kepradah, Mikul dhuwur, mendhem jero, Suro diro jayaningrat lebur dening pangastuti, Ngunduh wohing pakarti. Ketujuh pribahasa tersebut kerap digunakan masyarakat Wonosari untuk menjalankan kehidupan seharu-hari.

Keywords


Pribahasa Jawa, nilai luhur, Masyarakat Wonosari.

References


Abdullah, Wakit. Dkk. 2018. Kearifan Lokal Yang Terangkum Dalam Peribahasa Jawa Masyarakat Di Eks Karesidenan Surakarta (Penelitian Etnolinguistik). Hasil Penelitian Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi, Dikti, Dana Pnbp Uns, Tahun I, 2018.

Adisusilo, Sutarjo. 2017. Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter. Jakarta : Pt. Rajagrafindo Persada.

Nila Afningsih, Sutikno, Dan Dani Ansari. 2020. Penelitian Tradisi Lisan Jawa Aksara Jawa dan Revitalisasi Tradisi Lisan Jawa Deli. Banten: CV. AA. RIZKY Prihartono, Wawan. 2017. “Diaspora Etnik Jawa dan Transmisi Bahasa Jawa Antargenerasi di Sumatera Utara.” Ranah 5 Nomor 1: 33–34. Prihatmi, Sri Rahayu [Et Al]. 2017. Peribahasa Jawa Sebagai Cermin, Watak, Sifat, Dan Perilaku Manusia Jawa. Jakarta: Pusat Bahasa




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i1.14258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: