PENGARUH MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS X SMK MELATI PERBAUNGAN

Rizkya Ananda Putri, Nila Afningsih

Abstract


Kemampuan menulis sangat dibutuhkan bagi siswa untuk menuangkan segala sesuatu yang sedang mereka ketahui dan pelajari, hal ini mengandung seberapa pentingnya menulis bagi kehidupan sehari-hari. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis Cerita Pendek menggunakan media film pendek oleh siswa kelas X SMK Melati Perbaungan. Dalam penelitian ini masalah yang ditemukan berupa variasi metode pembelajaran yang dilakukan guru dalam mengajarkan menulis cerpen belum banyak digunakan, siswa kesulitan memulai gagasan atau ide yang akan ditulisnya dalam mengembangkan sebuah cerpen, dan media yang digunakan guru dalam belajar belum efektif dan bervariasi. Penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Untuk mengetahui media film pendek terhadap keterampilan menulis cerita pendek menggunakan Media film pendek dianggap dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis cerpen. Hal ini didasarkan karena media pembelajaran tersebut mampu memenuhi fungsinya untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa, serta mengembangkan kemampuan siswa menulis. Maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas kolmogorov-smirnov diatas, dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Dengan demikian,asumsi atau persyaratan normalitas dalam model regresi sudah terpenuhi dan diperoleh nilai deviation from linearity sig. Dari masing-masing variable sebesar 7.04142 dan 4.19597. Berdasarkan nilai t, diperoleh nilai thitung < ttabel 10.211.Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan linear secara signifikansi antara media film pendek terhadap keterampilan menulis cerita sebelum perlakuan (pretest) dengan media film pendek terhadap keterampilan menulis cerita sesudah perlakuan (posttest). Hal ini menunjukkan pula bahwa ha diterima.

Keywords


keterampilan menulis, teks cerita pendek, media film

References


Arifuddin, A. D., Azis, D., Daeng, J., Raya, T., & Selatan, S. (N.D.). Pengaruh Media Film Pendek Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen. Https://Ojs.Unm.Ac.Id/Indonesia

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Barus, I. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Bantuan Media Film Pendek. Journal Of Education Action Research, 2, 142–148. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JEAR/Index

Cantona, Picko Krisa, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Film Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir. Skripsi. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung

Dinda, F., Wardani, S., Yelly, P., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas Xi Mia Sma Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5(2).

Efendy, R. R., Zain, S., Kasman, N., Muhammadiyah Sidenreng Rappang Jl Angkatan, U., Lautang Salo Rappang, A., & Rappang, S. (2020). Pengaruh Film Pendek Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Pangsid (Issue 1).

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Pendidikan Guru, L., Dasar, S., & Pendidikan, I. (N.D.). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen. Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Penaliterasiemail

Semi, M. Atar.2009.Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya Sudjana.2005. Metoda Statistika. Bandung:Trasito Bandung

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryasubrata, Sumadi. 2011. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahas. Bandung: Angkasa

Usman dan Asnawir.2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press

Utami1, D., Setiadi2, D., & Suparman3, F. (2019). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 92 Pengaruh Media Film Pendek Berjudul Inilah Aku Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V-2 Tingkat Mathayom Di Islamic Santitham Foundation Schoolthailand Selatan. 4(1).

Windari, 2016. Pengaruh Penggunaan Media Film Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.




DOI: https://doi.org/10.30596/jpbsi.v4i1.14259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Bahterasia: Scientific Journal of Indonesian Language and Literature Education is abstracting & indexing in the following databases: